Electronic Resource
Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode SQ3R Siswa Kelas XI SMKN 2 Singosari Kabupaten Malang
Selain mendengarkan, berbicara, dan menulis, membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang cukup penting. Penguasaan keterampilan membaca yang memadai memudahkan siswa dalam menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Ketrampilan membaca berperan penting bagi pengembangan pengetahuan dan pemahaman materi pembelajaran. Dalam hal ini, metode SQ3R adalah salah satu metode yang tepat digunakan untuk
meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Metode membaca SQ3R terdiri dari lima tahapan, yaitu Survey, Question, Read, Recite, dan Review. Hal inilah yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI SMKN 2 Singosari melalui metode SQ3R. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti dengan instrumen penunjang berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas XI SMKN 2 Singosari Kabupaten Malang dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. Dari analisis data yang dilakukan diperoleh hasil bahwa pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan jumlah nilai rata-rata yang diperoleh, yaitu dari nilai pada siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata pada siklus I sebesar 80% mengalami peningkatan menjadi 96% pada siklus II. Selain itu, tingkat ketuntasan belajar siswa mengalami kenaikan, dari 74% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Dengan demikian, penggunaan metode SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.
2119079/SB/2015 | KKI 410 SUT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain