Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode SQ3R Siswa Kelas XI SMKN 2 Singosari Kabupaten Malang

Electronic Resource

Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode SQ3R Siswa Kelas XI SMKN 2 Singosari Kabupaten Malang

Sutantri - Nama Orang; Drs. Edy Susilo, M.Pd. - Nama Orang; Drs. Eko Urip Mulyono - Nama Orang;

Selain mendengarkan, berbicara, dan menulis, membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang cukup penting. Penguasaan keterampilan membaca yang memadai memudahkan siswa dalam menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Ketrampilan membaca berperan penting bagi pengembangan pengetahuan dan pemahaman materi pembelajaran. Dalam hal ini, metode SQ3R adalah salah satu metode yang tepat digunakan untuk
meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Metode membaca SQ3R terdiri dari lima tahapan, yaitu Survey, Question, Read, Recite, dan Review. Hal inilah yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI SMKN 2 Singosari melalui metode SQ3R. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti dengan instrumen penunjang berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas XI SMKN 2 Singosari Kabupaten Malang dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. Dari analisis data yang dilakukan diperoleh hasil bahwa pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan jumlah nilai rata-rata yang diperoleh, yaitu dari nilai pada siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata pada siklus I sebesar 80% mengalami peningkatan menjadi 96% pada siklus II. Selain itu, tingkat ketuntasan belajar siswa mengalami kenaikan, dari 74% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Dengan demikian, penggunaan metode SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.


Ketersediaan
2119079/SB/2015KKI 410 SUT p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 410 SUT p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Unikama., 2014
Deskripsi Fisik
xv, 83 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Membaca Pemahaman
Skripsi
Metode SQ3R
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik