Electronic Resource
Penegembangan Media Papan Flanel Untuk Penguasaan Kosakata Anak Kelompok A TK Raden Ajeng Kartini Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Papan Flanel sebagai Media Belajar untuk Penguasaan Kosakata pada Anak Kelompok A di TK Raden Ajeng Kartini Kota Malang serta diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran dan juga permainan edukatif untuk mesiasati anak belajar dengan lebih menarik dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D) Model pengembangan menggunakan 10 langkah yaitu :(1) pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba lapangan awal/validasi media, (5) revisi hasil/media, (6) uji coba media, (7) revisi media, (8) uji kelayakan, (9) revisi final, (10) produk media. Subyek penelitian ini adalah 5 anak kelompok A pada uji coba kelompok kecil dan 20 anak kelompok A pada uji coba kelompok besar di TK Raden Ajeng Kartini Malang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Sedangkan instrumen penelitiannya yaitu berupa lembar pertanyaan kelayakan media papan flanel. Teknik analisis data adalah data kualitatif dari ahli dan kuantitatif berupa presentase aspek keberhasilan anak. Hasil penelitian berupa: pengembangan media papan flanel menggunakan 5 langkah dari 10 langkah. Permasalahannya anak kurang mampu dalam penguasaan kosakata. Pengumpulan data berupa instrumen dalam bentuk angket diketahui bahwa kurangnya penguasaan anak dalam kosakata disebabkan oleh keterbatasan media. Validasi media oleh ahli pembelajaran anak usia dini diperoleh hasil 70% sehingga media termasuk dalam kategori cukup valid dengan sedikit revisi dan validasi ahli media pembelajaran hasilnya 81,6% sehingga termasuk dalam kategori sangat valid dan layak untuk dipergunakan. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh 81,25% untuk aspek kemenarikan, 75% untuk aspek kemudahan, 81,25% untuk aspek keefektifan. Sedangkan hasil uji coba kelompok besar memperoleh 87,5% untuk aspek kemenarikan, 83,3% untuk aspek kemudahan, 93,75% untuk aspek keefektifan. Berdasarkan keseluruhan data hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar, disimpulkan bahwa media papan flanel menarik digunakan pada anak kelompok A. Revisi produk dilakukan oleh ahli pembelajaran dengan saran agar ukuran gambar diperkecil. Sedangkan revisi produk uji coba kelompok kecil berdasarkan masukan dari guru adalah merapikan permukaan papan flanel, berdasarkan uji lapangan kelompok besar, papan flanel tergolong dalam klasifikasi valid. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media papan flanel sangat mempengaruhi penguasaan kosakata pada anak kelompok ATK Raden Ajeng Kartini Malang.
2119065/SB/2015 | KKI 410 BAN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain