Electronic Resource
Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Model Picture And Picture Siswa Kelas VIII MTs Wahid Hasyim Ngoro Mojokerto
Berdasarkan kenyataan di lapangan permasalahan yang ditemukan pada kelas VI MTs Wahid Hasyim Ngoro Mojokerto adalah rendahnya kemampuan menulis puisi siswa. Oleh karena itu, pemecahan masalah yang dapat membantu yaitu penerapan model pembelajaran picture and picture . Model pembelajaran picture and picture adalah salah satu strategi pembelajaran yang inovatif yaitu dengan menggunakan gambar sebagai media dalam pelaksaan pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilakukan untuk penyempurnaan atau perbaikan proses dan praktis pembelajaran di kelas. PTK ini dilakukan dalam satu siklus dengan empat kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 di kelas VI MTs Wahid Hasyim Ngoro Mojokerto. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI MTs Wahid Hasyim Ngoro Mojokerto yang berjumlah 28 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan meliputi tes tulis, wawancara, lembar observasi, dan angket siswa.
Hasil analisis data setelah diterapkan model picture and picture pada siswa kelas VI MTs Wahid Hasyim Ngoro Mojokerto menyatakan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan kemampuan dapat dilihat dari perbandingan nilai siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pictrue and picture. Sebelum menggunakan model pictrue and picture nilai rata-rata siswa kurang memuaskan. Pada pelaksanaan pembelajaran yang sudah diteliti hasil
pembelajaran yang dilakukan Siswa tuntas dengan nilai ≥75 sebanyak 22 siswa dengan prosentase 78.6%.
Berdasarkan paparan data dalam hasil penelitian maka dapat disimpulkan, bahwa penerapan model pembelajaran pictrue and picture dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VI MTs Wahid Hayim Ngoro Mojokerto. Disarankan agar guru kelas dapat menerapkan model picture and picture pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu, dengan diterapkannya model picture and picture dalam pembelajaran menulis puisi siswa lebih aktif dan menjadi lebih tertarik untuk menulis puisi
2119057/SB/2015 | KKI 410 DIY p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain