Electronic Resource
Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Dengan Model Quantum Learning Siswa Kelas SMA Islam Hasanuddin Wates Blitar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi kemampuan meneulis cerpen siswa kelas X di SMA Islam Hasanuddin Wates Blitar yang masih rendah. Hal tersebut diperoleh dari hasil observasi, bahwa di sekolah tersebut masih banyak siswa yang kurang faham tentang menulis cerpen yang baik yaitu bagaimana cara menentukan unsur-unsur dalam cerpen. Pada penelitian ini permasalahanya terletak pada bagaimana cara Metode Quantum Learningini dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas X SMA Islam Hasanuddin Wates Blitar baik dari segi perencanaan, pelaksaan, pengamatan, dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X Islam Hasanuddin Wates Blitar melalui Quantum Learning.
Penelitian ini dilakukan berkolaborasi antara guru dan peneliti. Guru bahasa dan Sastra Indonesia dan peneliti bekerja sama untuk menerapkan metode Quantum Learning agar dapat meningkatkan kemampuan menulissiswa. Dalam penelitian ini Guru Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai pengajar dan peneliti sebagai pengamat dalam proses pelaksaan pembelajaran.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif proses pembelajaran menulis siswa dengan metode Quantum Learning dan penelitian kualitatif untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis cerpen dengan menggunakan metode Quantum Learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Islam Hasanuddin Wates Blitar dan subjek penelitianya adalah siswa kelas X SMA Islam Hasanuddin Wates Blitar dan guru Bahasa dan Sastra Indonesia. Adapun data penelitian yang diperoleh selama penelitian berlangsung, yaitu perilaku saat guru mengajar dengan menggunkan metode Quantum Learning dan perilaku siswa pada saat pembelajaran menulis cerpen, serta kemampuan menulis cerpen. Data tersebut diperoleh oleh peneliti melalui observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Quantum Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa. Kemampuan siswa dalam menulis cerpen semakin meningkat baik baik. Presentase yang diperoleh sebelum tindakan 5%, siklus 1 dengan prosesntase 5% dan siklus 2 dengan prosesntase 80%.
2119045/SB/2015 | KKI 410 HER p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain