Electronic Resource
Gaya Bahasa Metafora Dan Personifikasi Dalam Iklan Susu Bayi Dan Anak
Bahasa yang digunakan oleh para pembuat iklan harus dapat menarik minat dan perhatian konsumen, terutama yang di ucapakan oleh pelaku iklan yaitu narator dan tokoh iklan. Narator iklan dalam tayangan iklan susu untuk bayi dan anak di televisi adalah bahasa yang mengandung daya persuasi. Melalui bahasa, penutur menyampaikan maksudnya pada calon konsumen dengan menggunakan gaya bahasa metafora dan personifikasi. Hal itu yang melatar belakangi peneliti untuk mengkaji macam majas metafora dan personifikasi iklan susu untuk bayi dan anak di televisi.
Tujuan penelitian ini adalah menentukan majas metafora dan personifikasi iklan susu untuk bayi dan anak di televisi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif, karena menggunakan data berwujud tuturan lisan. Sumber data penelitian adalah tayangan iklan susu di televisi. Data
penelitian adalah bahasa. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti yang dibantu dengan video tayangan iklan susu untuk bayi dan anak dan tabel.
Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan selama satu bulan yaitu mulai periode 20 April sampai 21 Mei 2012. Teknik pengolahan data ,meliputi tahap: kodefikasi data, klasifikasi data, analisis data, dan interpretasi data.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan yaitu majas metafora yang meliputi: 1) metafora antropromorf 2) majas metafora abstrak-onkrit/konkritabstrak dan 3) majas metafora kinestetik . Majas personifikasi yang meliputi: 1) majas personifikasi yang menggambarkan suatu hal berperilaku seperti benda bernyawa 2) majas personifikasi yang menyerupai keadaan benda bernyawa.
2119038/SB/2015 | KKI 410 ZAE g | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain