Electronic Resource
Peningkatan Kemampuan Menulis Wacana Narasi Dengan Model Cooperative Integrated Reading and Composition Siswa Kelas V SDN Lawang 07 Kec. Lawang Kab. Malang
Pada penelitian ini memiliki latar belakang yang sangat komplek, latar belakang itu meliputi minat siswa kurang terhadap pembelajaran menulis wacana narasi, dan keaktifan siswa terhadap setiap pembelajaran sangat kurang, dan guru mata pelajaran bahasa dan sastra indonesia kesulitan untuk menggunakan model yang cocok dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Melihat adanya kekomplekkan latar belakang permasalahaan yang terjadi dalam penelitian ini, peneliti lebih memfokuskan pada bagaimana pelaksanaan pembelajaran menulis wacana narasi dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas V SDN Lawang 07 Malang? Dan apakah model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis wacana narasi pada siswa kelas V SDN Lawang 07 Malang.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap pada tahun 2013-2014, dengan subjek penelitian pada siswa kelas V SDN Lawang 07 dengan siswa berjumlah 47 orang. Dan pada penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dari hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan pada kegiatan pembelajaran berlangsung, diperoleh bahwa Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis wacana narasi, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 75,12 dan sedangkan pada siklus II sebesar 81,40. Dan hal ini dapat dikatakan bahwa kemampuan siswa dalam menulis wacana narasi dengan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) meningkat, meskipun masih ada siswa yang kurang dari SKM. Kemudian dilihat dari analisis hasil penelitian Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh sebesar 81,25% dan pada siklus II diperoleh sebesar 85,57%. Dari hal ini dapat dikatakan bahwa hasil keterlaksanaan pembelajaran meningkat dan dapat dikatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis wacana narasi dengan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) telah sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan dan berhasil serta mendapat nilai yang tinggi. Dengan demimkiandapat disimpulkan bahwa penelitian model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis wacana narasi dan pelaksanaan pembelajarannya telah sesuai dengan kriteria yang diinginkan.
2119031/SB/2015 | KKI 410 BUD p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain