Electronic Resource
Penerapan Model Pakem Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama Melalui Penggunaan Media Rangsang Film Pendek Siswa Kelas XI IPS SMA Islam Maarif Malang
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan siswa dalam memahami materi tentang menulis naskah drama dan kurangnya minat siswa untuk menulis naskah drama, karena model pembelajaran yang diberikan oleh guru masih belum mampu memotivasi siswa dan cara mengajar guru yang masih monoton, sehingga siswa merasa bosan. Melihat dari media dan cara guru mengajar di kelas, maka perlu diupayakan pembelajaran yang menarik yaitu penggunaan media film pendek dalam keterampilan menulis naskah drama siswa kelas XI IPS SMA Islam Ma‟arif Malang.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Islam Ma‟arif Malang melalui penerapan model PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) dan penggunaan film pendek sebagai media rangsang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Islam Ma‟arif
Malang yang berjumlah 25 siswa. Hasil analisis penelitian pelaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan, yakni pada siklus I sebesar 71,01% dan pada siklus II sebesar
86,7%. Sedangkan hasil analisis terhadap motivasi belajar siswa meningkat, yakni pada siklus I sebesar 79,6% dan mengalami peningkatan sebesar 89,5 % pada siklus II.
Hasil analisis penelitian terhadap sikap kreatif siswa, yakni pada siklus I sebesar 14,71% dengan nilai rata-rata 63,24 dan pada siklus II sebesar 88,24% dengan nilai rata-rata 73,76. Berdasarkan analisis hasil penelitian prestasi belajar siswa, ketuntasan belajar siswa sebesar 52% dengan nilai ratarata seluruh siswa sebesar 70,6. Pada siklus II ketuntasan belajar sebesar 88% dengan nilai rata-rata siswa 75,12. Melalui penerapan model PAKEM dan penggunaan media rangsang film pendek, dapat meningkatkan motivasi dan belajar prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Islam Ma‟arif Malang. Penerapan model PAKEM dan media rangsang film pendek cukup efektif, karena motivasi belajar dan hasil belajar siswa meningka
2119028/SB/2015 | KKI 410 OKT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain