Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Cakram Interaktif Pembelajaran Membaca Estetika Puisi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Singosari

Electronic Resource

Pengembangan Cakram Interaktif Pembelajaran Membaca Estetika Puisi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Singosari

Citra Rizki Aprellian - Nama Orang; Drs. Darmanto, M.Pd. - Nama Orang; Ali Ismail, S>pd., M.Pd. - Nama Orang;

Permasalahan yang muncul dari latarbelakang adalah apakah pengembangan cakram interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam membaca estetika puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kegunaan, kemudahan, ketepatan dan kemenarikan cakram interaktif sebagai media pembelajaran siswa yang baik.
Cakram interaktif merupakan sebuah media yang memiliki unsur audiovisual (termasukanimasi). Produk yang akan dihasilkan dalam penelitian ini guna mengembangkan media pembelajaran adalah dalam bentuk cakram interaktif berbasis Macromedia Flash 9. Konsep yang dibuatadalah Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pengembangan prosedural desain pembelajaran dari model Borg and Gall di SMK Negeri 1 Singosari kelas X AB 1.
Pengembangan cakram interaktif dilakukan dengan beberapa tahap yaitu validasi desain dan validasi produk. Setelah dilakukan penelitian, cakram interaktif pembelajaran membaca estetika puisi merupakan media yang sangat bagus karena mempunyai persentase dari ahli media sebesar 81%, ahli materi sebesar 83,3%, dan angket peserta didik sebesar 85%.
Berdasarkan rumusan masalah, pengajuan hipotesis, analisis data penelitian dan pembahasan masalah maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian pengembangan cakram interaktif pembelajaran membaca estetika puisi berdasarkan hasil ujit adalah thitung=8,58 dengan taraf signifikan 5%. Karena thitung > t tabel maka hipotesis H0 ditolak, artinya hasil belajar siswa yang mendapatkan pengembangan cakram interaktif pembelajaran membaca estetika puisi lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran membaca puisi dengan tidak menggunakan cakram interaktif (metode konvensional).


Ketersediaan
2118998/SB/2015KKI 410 APR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 410 APR p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Unikama., 2014
Deskripsi Fisik
xvi, 70 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
Pembelajaran Membaca Estetika Puisi
Cakram Interaktif
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik