Electronic Resource
Pengaruh Fasilitas Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS-Geografi Siswa Kelas VIII SMP PGRI 6 Malang
Pendidikan adalah salah satu upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia untuk lebih maju kedepanya. Peningkatan mutu pendidikan sumber daya manusia adalah syarat yang paling utama untuk mencapai suatu tujuan. Pendidikan sangat dibutuhkan oleh setiap manusia untuk kehidupan mendatang baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain agar lebih berkembang maka pendidikan harus diawali dari niat atau kemauan diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ( 1) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar (2) pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar (3) untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar. Metode yang digunakanan dalam penelitian ini adalah metode regrsi linear berganda dan variabel bebas dari penelitian ini adalah fasilitas belajar (X1), kedisiplinan (X2), sedangkan variabel terikatnya prestasi belajar. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII siswa SMP PGRI 06 Malang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 54 siswa dengan menggunakan instrumen angket dan daftar nilai siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar IPS Geografi dengan hasil uji t,dan terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar IPS geografi, terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar IPS geografi, hasil uji t,serta menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh fasilitas belajar dan kedisiplinan belajar terhadap Prestasi Belajar IPS geogafi dengan hasil persamaan regresi linear berganda yang menunjukkan bahwa pengaruh fasilitas belajar di sekolah (X1), dan kedisiplinan belajar (X2) secara silmutan berpengaruh terhadap prestasi belajar (Y). Dengan demikian penulis berkesimpulan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap restasi belajar.(2) ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar.(3) ada pengaruh yang signifikan anatar fasilitas belajar dan prestasi belajar terhadap prestasi belajar.
2118961/SB/2015 | KKI 910 DIU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain