Electronic Resource
Hubungan Lingkungan Sekolah Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 10 Malang Tahun Pelajaran 2013/2014
Relasi anatara guru dan siswa yang kurang baik di sekolah dan fasilitas belajar yang kurang memadai akan berdampak pada hasil belajar yang rendah. Hal ini dapat dilihat dari keterbatasan media pembelajara di SMP Negeri 10 Malang, baik itu yang disediakan sekolah maupun oleh siswa itu sendiri. Maka dari itu berdampak pada hasil belajar yang di dapat dari rata-rata nilai ulangan harian kelas VIII yaitu 71,09 padahal KKM yang di tentukan sekolah adalah 75, hanya 19 siswa yang mencapai ketuntasan belajar sedangkan 22 siswa tidak mencapai ketuntasan belajar.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji apakah ada hubungan yang signifikan antara lingkungan sekolah dan fasilitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Malang Malang baik secara parsial maupun secara simultan. Selain itu juga untuk mengetahui hubungan yang paling dominan antara kedua varibel bebas (lingkungan sekolah dan fasilitas belajar) dengan varibel terikat (hasil belajar).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Malang dan sampel menggunakan proposional random sampling, merupakan cara yang paling efektif dimana sampel yang diambil adalah sebagian dari populasi yang ada sehingga jumlah sampel dapat mewakili setiap populasi yang nantinya menghasilnya data yang representatif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket untuk mengukur antara lingkungan sekolah dan fasilitas belajar, sedangkan untuk hasil belajarnya didapat dari hasil ulangan harian siswa. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 16 for Windows.
Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa (1) ada hubungan yang signifikan antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Malang, dimana hasilnya Sig 0,024 < 0,05, (2) ada hubungan yang signifikan fasilitas belajar dengan hasil belajar, dimana hasilnya Sig 0,023 < 0,05 dan (3) ada hubungan yang signifikan antara variabel independen dan variabel dependen, dimana hasilnya Sig 0,001 < 0,05. Selain itu diketahui bahwa fasilitas belajar mempunyai hubungan paling dominan dengan hasil belajar. Jika fasilitas yang di sediakan baik maka aka berpengaruh pada hasil belajar siswa.
Hendaknya siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Malang lebih percaya diri dalam menjalin relasi di lingkungan sekolah serta lebih menyadari akan pentingnya fasilitas belajar baik yang di sediakan di sekolah maupun yang di sediakan oleh siswa itu sendiri. Begitu pula bapak dan ibu guru hendaknya lebih mendekatkan diri kepada siswa yang mungkin relasinya kurang baik terhadap teman – teman maupu kepada guru – guru itu sendiri karena akan berdampak pada hasil belajar siswa
2118954/SB/2015 | KKI 910 BUP h/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain