Electronic Resource
Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Malang Tahun Pelajaran 2013/2014
Hasil belajar merupakan indikator yang penting untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar. Fasilitas belajar adalah segala sesuatu yang bersifat fisik yang dapat memudahkan terselenggaranya proses belajar mengajar, misalnya dengan tersedianya tempat perlengkapan belajar di kelas, Motivasi belajar yaitu kekuatan, daya pendorong, atau alat pembangun kesediaan dan keinginan yang kuat dalam diri peserta didik untuk belajar secara aktif, kreatif, efektif, inovatif, dan menyenangkan dalam rangka perubahan perilaku, baik dalam aspek kongnitif, afektif, maupun psikomotor. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Geografi siswa kelas VII SMP Negeri 17 Malang Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Smp Negeri 17 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 283 siswa dari 8 kelas. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah dengan menggunakan proposional random sampling. Untuk mengetahui jumlah sampel yang akan diambil dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh 68 siswa yang akan digunakan sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi Hasil pengujian dengan menggunakan program SPSS 16.00 diketahui nilai signifikansi untuk variabel fasilitas belajar sebesar 0,000 dengan hasil nilai t sebesar 9.009 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS Geografi siswa kelas VII SMP Negeri 17 Malang Tahun Pelajaran 2013/2014, atau Ha diterima. Untuk variabel motivasi belajar diketahui nilai signifikansi sebesar 0,004 dan nilai t sebesar 3.740 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Geografi siswa kelas VII Smp Negeri 17 Malang Tahun Pelajaran 2013/2014, atau Ha diterima. Dan pengujian secara keseluruhan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,004 dengan nilai t sebesar 2.988 jadi dapat disimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar dan motivasi beajar terhadap hasil belajar IPS-Geografi kelas VII SMP Negeri 17 Malang.
2118948/SB/2015 | KKI 910 WAT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain