Electronic Resource
Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Singosari Pokok Bahasan Siklus Hidrologi Tahun Ajaran 2013/2014
Pembelajaran merupakan proses komunikasi yang harus diciptakan atau diwujudkan melalui kegiatan penyampaian dan tukar menukar informasi antara guru dengan siswa sehingga terjadi proses belajar, sampai saat ini multimedia interaktif belum banyak digunakan oleh guru dalam pembelajaran sebagai media pembelajaran. Permasalahan dalam pembelajaran geografi adalah karena kurangnya penggunaan media dalam kegiatan belajar mengajar. dengan demikian perlu kiranya seorang pendidik untuk mencoba mengatasi hal tersebut dengan penggunaan media yang meningkatkan hasil belajar yang optimal Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan multimedia interaktif (MMI) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Singosari pokok bahasan siklus hidrologi. Jenis penelitian yang digunakan tergolong dalam penelitian eksperimen semu. Hal ini dimaksudkan karena penelitian ini menguji pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan, dalam penelitian ini peneliti menerapkan posttest- Only control design dengan satu macam perlakuan, penerapan model ini sesudah siswa dalam kelas diberi perlakuan, kedua kelompok di beri tes akhir (Post test) untuk mengukur hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan (Treatment) Kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan multimedia interkatif offline (Video) sedangkan kelompok kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah) Untuk mata pelajaran IPS geografi pokok bahasan siklus hidrologi dari hasil analisis data uji-t (t-test), diketahui bahwa kemampuan awal siswa dalam bidang studi IPS Geografi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol mempunyai kesamaan nilai rata-rata, kelompok eksperimen 41.00 dan kelompok kontrol 38.80, setelah diberi perlakuan yang berbeda, dapat diketahui bahwa kemampuan akhir siswa dalam bidang studi IPS Geografi pada kedua kelompok menunjukkan adanya peningkatan jika dibandingkan dengan kemampuan awal, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kemampuan akhir untuk kelompok eksperimen sebesar 79.71 dan untuk kelompok control 68.88 disimpulkan bahwa kemampuan akhir kedua kelompok berbeda Berdasarkan data hasil penelitian dan dikaitkan dengan manfaat praktis penelitian maka peneliti memberikan saran kepada Peneliti sendiri, diharapkan menambah wawasan dan pengetahuan peneliti tentang penggunaan multimedia interaktif dalam peningkatan hasil belajar bagi siswa. Untuk Kepala Sekolah, khususnya Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMPN 2 Singosari) diharapkan dapat di gunakan sebagai referensi untuk meningkatkan kualitas dalam implementasi kurikulum dan pembelajaran melalui penambahan khasanah media pembelajaran. Untuk Guru, diharapkan dapat berlatih menggunakan multimedia interaktif sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Untuk Siswa, penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep dasar sehingga akan berpengaruh kepada peningkatan hasil belajar dan kompetensi siswa, khususnya dalam mata pelajaran IPS Geografi. Untuk Peneliti lainnya, di harapkan mampu mengembangkan dan menerapkan konsep dan prinsip-prinsip media pembelajaran dengan model pembelajaran pada bidang pendidikan serta permasalahannya khususnya pada jenjang SMP. Dan Untuk Universitas Kanjuruhan, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan tambahan reverensi di perpustakaan.
2118936/SB/2015 | KKI 910 SYA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain