Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Singosari Pokok Bahasan Siklus Hidrologi Tahun Ajaran 2013/2014

Electronic Resource

Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Singosari Pokok Bahasan Siklus Hidrologi Tahun Ajaran 2013/2014

Khoirus Syafa’at - Nama Orang; Drs. Triwahyudianto, S.Pd., M.Si. - Nama Orang; Yuli Ifana Sari, M.Pd. - Nama Orang;

Pembelajaran merupakan proses komunikasi yang harus diciptakan atau diwujudkan melalui kegiatan penyampaian dan tukar menukar informasi antara guru dengan siswa sehingga terjadi proses belajar, sampai saat ini multimedia interaktif belum banyak digunakan oleh guru dalam pembelajaran sebagai media pembelajaran. Permasalahan dalam pembelajaran geografi adalah karena kurangnya penggunaan media dalam kegiatan belajar mengajar. dengan demikian perlu kiranya seorang pendidik untuk mencoba mengatasi hal tersebut dengan penggunaan media yang meningkatkan hasil belajar yang optimal Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan multimedia interaktif (MMI) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Singosari pokok bahasan siklus hidrologi. Jenis penelitian yang digunakan tergolong dalam penelitian eksperimen semu. Hal ini dimaksudkan karena penelitian ini menguji pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan, dalam penelitian ini peneliti menerapkan posttest- Only control design dengan satu macam perlakuan, penerapan model ini sesudah siswa dalam kelas diberi perlakuan, kedua kelompok di beri tes akhir (Post test) untuk mengukur hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan (Treatment) Kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan multimedia interkatif offline (Video) sedangkan kelompok kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah) Untuk mata pelajaran IPS geografi pokok bahasan siklus hidrologi dari hasil analisis data uji-t (t-test), diketahui bahwa kemampuan awal siswa dalam bidang studi IPS Geografi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol mempunyai kesamaan nilai rata-rata, kelompok eksperimen 41.00 dan kelompok kontrol 38.80, setelah diberi perlakuan yang berbeda, dapat diketahui bahwa kemampuan akhir siswa dalam bidang studi IPS Geografi pada kedua kelompok menunjukkan adanya peningkatan jika dibandingkan dengan kemampuan awal, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kemampuan akhir untuk kelompok eksperimen sebesar 79.71 dan untuk kelompok control 68.88 disimpulkan bahwa kemampuan akhir kedua kelompok berbeda Berdasarkan data hasil penelitian dan dikaitkan dengan manfaat praktis penelitian maka peneliti memberikan saran kepada Peneliti sendiri, diharapkan menambah wawasan dan pengetahuan peneliti tentang penggunaan multimedia interaktif dalam peningkatan hasil belajar bagi siswa. Untuk Kepala Sekolah, khususnya Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMPN 2 Singosari) diharapkan dapat di gunakan sebagai referensi untuk meningkatkan kualitas dalam implementasi kurikulum dan pembelajaran melalui penambahan khasanah media pembelajaran. Untuk Guru, diharapkan dapat berlatih menggunakan multimedia interaktif sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Untuk Siswa, penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep dasar sehingga akan berpengaruh kepada peningkatan hasil belajar dan kompetensi siswa, khususnya dalam mata pelajaran IPS Geografi. Untuk Peneliti lainnya, di harapkan mampu mengembangkan dan menerapkan konsep dan prinsip-prinsip media pembelajaran dengan model pembelajaran pada bidang pendidikan serta permasalahannya khususnya pada jenjang SMP. Dan Untuk Universitas Kanjuruhan, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan tambahan reverensi di perpustakaan.


Ketersediaan
2118936/SB/2015KKI 910 SYA p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 SYA p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2014
Deskripsi Fisik
xv, 64 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
Multimedia Interaktif
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik