Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII E SMP Kartika IV-9 Malang Tahun Pelajaran 2013/2014

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII E SMP Kartika IV-9 Malang Tahun Pelajaran 2013/2014

Selvia Siska - Nama Orang; Drs. Soetjipto Th., SE., M.Pd. - Nama Orang; Dr. Permata Ika Hidayati, S.Pi.,M.Pd. - Nama Orang;

Kesuksesan dalam pembelajaran IPS dapat ditunjukan dengan hasil belajar yang baik. Namun terdapat beberapa kendala yang mempengaruhi tercapainya kesuksesan tersebut. Diantaranya siswa mengalami kesulitan dalam belajar IPS. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran. Beberapa model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah dengan model Numbered Head Together (NHT). Numbered Head Together (NHT) adalah sebuah variasi diskusi kelompok dengan ciri khasnya adalah guru hanya menunjuk seorang siswa yang mewakili kelompoknya tersebut. Sehingga cara ini menjamin keterlibatan semua siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Tindakan ini dilakukan pada siswa kelas VIII E SMP Kartika IV-9 Malang yang terdiri 40 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) lembar Observasi guru dan siswa, (2) catatan lapangan, (3) tes individu. Pembelajaran tipe Numbered Head Together (NHT) dilakukan dengan beberapa tahap yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran model Numbered Head Together (NHT) dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa kalas VIII E SMP Kartika IV-9 Malang pada pokok bahasan Bentuk-bentuk Hubungan Sosial. Hal ini dapat ditunjukan dengan presentase ketuntasan belajar dari data pratindakan, tindakan I, dan tindakan II. Berdasarkan ketuntasan belajar diperoleh presentase sebesar 62.5%, 70% dan 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII E SMP Kartika IV-9 Malang pada pokok bahasan Bentuk-bentuk Hubungan Sosial.


Ketersediaan
2118924/SB/2015KKI 910 Sis pPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 SIS p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2014
Deskripsi Fisik
xiii, 145
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
Numbered Head Together (NHT)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik