Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII E SMP Kartika IV-9 Malang Tahun Pelajaran 2013/2014
Kesuksesan dalam pembelajaran IPS dapat ditunjukan dengan hasil belajar yang baik. Namun terdapat beberapa kendala yang mempengaruhi tercapainya kesuksesan tersebut. Diantaranya siswa mengalami kesulitan dalam belajar IPS. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran. Beberapa model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah dengan model Numbered Head Together (NHT). Numbered Head Together (NHT) adalah sebuah variasi diskusi kelompok dengan ciri khasnya adalah guru hanya menunjuk seorang siswa yang mewakili kelompoknya tersebut. Sehingga cara ini menjamin keterlibatan semua siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Tindakan ini dilakukan pada siswa kelas VIII E SMP Kartika IV-9 Malang yang terdiri 40 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) lembar Observasi guru dan siswa, (2) catatan lapangan, (3) tes individu. Pembelajaran tipe Numbered Head Together (NHT) dilakukan dengan beberapa tahap yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran model Numbered Head Together (NHT) dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa kalas VIII E SMP Kartika IV-9 Malang pada pokok bahasan Bentuk-bentuk Hubungan Sosial. Hal ini dapat ditunjukan dengan presentase ketuntasan belajar dari data pratindakan, tindakan I, dan tindakan II. Berdasarkan ketuntasan belajar diperoleh presentase sebesar 62.5%, 70% dan 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII E SMP Kartika IV-9 Malang pada pokok bahasan Bentuk-bentuk Hubungan Sosial.
2118924/SB/2015 | KKI 910 Sis p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain