Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Geografi Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 4 Singosari Tahun Pelajaran 2013/2014
Pendidikan merupakan suatu upaya untuk memberikan bimbingan pribadi yang utuh kepada anak didik serta membawa anak didik pada tingkat pendidikan yang lebih baik, sehingga diharapkan dengan pendidikan generasi muda sebagai penerus bangsa dapat menerjemahkan cita-cita yang terkandung dalam pendidikan itu sendiri. Seperti halnya pada era globalisasi ini persaingan antar sumber daya manusia semakin terbuka dan sumber daya manusia sebagai unsur penentu dalam mengisi kelangsungan hidup manusia. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin cepat dan maju untuk itu pendidikan mengejar ketinggalan dan keterbelakangan masyarakat Indonesia terhadap bangsa lain. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yakni penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki suatu keadaan pembelajaran di kelas dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu. Tindakan yang dilakukan adalah penerapan pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar Geografi siswa kelas VII D SMP Negeri 4 singosari. Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan suatu bentuk kajian yang bersifat refleksif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan rasional dari tindakan yang dilakukan itu, serta untuk memperbaiki kondisi di mana praktek pembelajaran itu dilakukan. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa meningkat setelah penerapan pembelajaran kooperatif, Peningkatan tersebut ditunjukkan pada setiap siklus, yaitu siklus I dan siklus II dimana nilai rata-rata siklus I sebesar 42,86%, mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 88,57%. partisipasi siswa juga meningkat setelah penerapan pembelajaran kooperatif yaitu pada saat presentasi banyak siswa yang mulai aktif bertanya. Disarankan bagi guru geografi dapat menggunakan model pembelajran kooperatif sebagai alternatif dalam merencanakan proses pembelajaran karena dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan penelitian dengan model pembelajaran kooperatif pada materi atmosfer dan hidrosfer.
2118910/SB/2015 | KKI 910 KAM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain