Electronic Resource
Perbedaan Penggunaan Metode Ceramah Dengan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Geografi Pokok Bahasan Siklus Hidrologi Pada Kelas VII SMP Budi Mulia Pakisaji-Malang
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPSGeografi menggunakan media gambar dan diskusi di Kelas VII-B SMP Negeri 2 Doko Kabupaten Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Doko yang berjumlah 28 anak, yang terdiri atas 12 siswa lakilaki dan 16 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes, angket motivasi, lembar observasi dan temuan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang berkaitan dengan observasi dianalisis secara kualitatif sedangkan data dari hasil tes dan hasil angket dianalisis secara kuantitatif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan gambar dan diskusi dalam pembelajaran IPS-Geografi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS-Geografi. Hasil angket dan tes pra tindakan menunjukkan skor rata-rata motivasi 50% (termasuk kriteria cukup) dan nilai rata-rata IPS siswa 58.21% sedangkan persentase siswa yang mencapai KKM 70 sebesar 14.28% atau sebanyak 4 siswa. Setelah dilakukan tindakan dengan pembelajaran menggunakan media gambar dan metode diskusi di siklus I, hasil angket dan tes pada siklus I menunjukkan skor rata-rata motivasi 35,95% (termasuk kriteria cukup) dan nilai rata-rata IPS siswa 68.00% sedangkan persentase siswa yang mencapai KKM 70 sebesar 28.57% atau sebanyak 8 siswa. Pada siklus II, skor rata-rata motivasi siswa juga meningkat menjadi 89.76% (termasuk kriteria baik) dan nilai rata-rata IPS siswa menjadi 96.57% sedangkan persentase siswa yang mencapai KKM 70 juga meningkat menjadi 100% atau sejumlah 28 siswa. Berdasarkan simpulan dan keterbatasan penelitian, maka disarankan : 1) Penggunaan metode diskusi dengan media gambar untuk pembelajaran perlu persiapan yang matang agar hasil yang didapat bisa maksimal dan waktu tidak terbuang sia-sia. 2) Sebaiknya setiap siswa untuk memiliki buku referensi sehingga mudah dalam mengikuti pembelajaran IPS. 3) Siswa lebih dilatih untuk berbicara pada forum kelas. 4) Ketersediaannya media pembelajaran untuk membantu siswa memahami pelajaran
2118896/SB/2015 | KKI 910 BHU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain