Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMP Negeri I Pakisaji

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMP Negeri I Pakisaji

Vinsensius Mbaji - Nama Orang; Drs. Triwahyudianto, S.Pd., M.Si. - Nama Orang; Roni Alim Ba’diya Kusufa, M.Pd. - Nama Orang;

Pendidikan merupakan salah satu ukuran kualitas kehidupan bangsa, karena tingkat pendidikan dapat menunjukkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki. Saat ini pendidikan di Indonesia mengalami perubahan menuju perbaikan. Bentuk usaha tersebut adalah perubahan kurikulum. Perubahan paradigma pembelajaran dari Kurikulum 2004 menjadi KTSP adalah orientasi pembelajaran yang semula berpusat pada guru (teacher centered) beralih berpusat pada murid (student centered). pembelajaran yang berorientasi pada konstruktivis adalah pembelajaran kooperatif. Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas VII SMP Negeri I Pakisaji. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Ekperimental) dengan pendekatan kuantitatif dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-F sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa instrumen motivasi, tes untuk prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t (Independent Samples Test) tidak berpasangan yang diselesaikan dengan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian bahwa motivasi belajar kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif dua tinggal dua tamu (two stay two stray) sangat berbeda dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konfensional dimana perbedaan sangat signifikan yaitu rata-rata presentase kelas eksperimen sebesar 74,06%, sedangkan rata-rata presentase motivasi kelas kontrol sebesar 67,61%. Sedangkan untuk hasil belajar menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari analisis data diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 16,03 dengan nilai prates 70,9 dan nilai pascates 89,88 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 6,6 dengan nilai prates 66,78 dan nilai pascates 78,73 dan nilai probabilitas (sig) 0,000. Dengan demikian nilai probabilitas 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri I Pakisaji. Disarankan bagi guru geografi dapat menggunakan model Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) sebagai alternatif dalam merencanakan proses pembelajaran karena dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.


Ketersediaan
2118895/SB/2015KKI 910 MBA p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 MBA p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2014
Deskripsi Fisik
xiv, 112 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Model Pembelajaran kooperatif
Skripsi
Two Stay Two Stray
Tipe Dua Tinggal Dua Tamu
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik