Electronic Resource
Pengaruh Aktifitas Ekstrakulikuler Terhadap Prestasi Belajar Melalui Minat Belajar Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Siswa Kelas VII Maarif 02 Malang)
Prestasi belajar saat ini menjadi tolok ukur untuk menilai keberhasilan siswa. Salah satu faktor untuk meningkatkan prestasi belajar siswa adalah minat belajar. Kegiatan aktivitas ektrakurikuler dapat memeberikan pengaruh pembentukan sikap dan pengembangan potensi,, meningkatkan minat, dan menunjang prestasi belajar siswa. Maka kegiatan ekstrakurikuer yang diadakan di sekolah baik untuk menumbuhkan minat siswa, yang nantinya dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Minat didapat dari dalam diri sendiri dan dari pengaruh orang lain.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara ektrakurikuler, minat belajar, terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Ma’arif 02 Malanag. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Ma’arif 02 Malang dengan jumlah 440 siswa dengan sampel berjumlah 82 siswa. Dalam penelitian ini data diperoleh dengan teknik Proportial Random Sampling. Data dikumpulkan melalui menyebar angket dan dokumentasi berupa nilai ulangan harian.
Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi, data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan komputer program SPSS 22.0 for windows. Hasil path analysis diatas dapat disimpulkan pengaruh secara langsung antara variabel eksogen ektrakurikuler (X) terhadap variabel endogen prestasi belajar (Y) mempunyai pengaruh sebesar 0,225, sedangkan pengaruh secara tidak langsung antara variabel eksogen (X) terhadap variabel endogen (Y) melalui variabel intervening minat belajar (Z) mempunyai pengaruh sebesar 0,302. Sedangkan secara tidak langsung mempunyai pengaruh yang signifikan yaitu 0,002.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh secara langsug ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar. 2) terdapat pengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar melalaui minat belajar.
2118894/SB/2015 | KKI 371,657 CHO p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain