Electronic Resource
Pengaruh Pemanfaatan Internet, Pemanfaatan Perpustakaan, Dan Intensitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang
Pada saat zaman sudah modern seperti saat ini hampir semua sarana yang diperlukan manusia dapat terpenuhi dengan baik. Dunia pendidikan juga sudah memiliki sarana yang mampu menunjang proses belajar dan mengajar. Contoh sarana yang ada seperti akses internet yang mudah dan adanya perpustakaan.
Kedua sarana tersebut akan dapat meningklatkan prestasi belajar bila dimandfaatkan secara sebaiknya. Selain itu prestasi belajar juga dipengaruhi oleh kemauan dalam diri sendiri seperti intensitas belajar. Apabila seseorang dapat memanfaatkan sarana yang ada dan juga belajar secara sungguh sungguh maka prestasi belajarnya akan meningkat Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar, (2) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar, (3) Pengaruh intensitas belajar terhadap prestasi belajar, (4) Pengaruh pemanfaatan internet, pemanfaatan perpustakaan, dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang (Studi pada mahasiswa angkatan 2012 dan 2013 )
Penelitian ini dilakukan di Universitas Kanjuruhan Malang pada bulan Maret 2014 dengan subjek penelitian mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2012 dan 2013 sebanyak 125 mahasiswa, kemudian diambil sampel sebanyak 63 mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekplanatori dan instrumen yang digunakan berupa angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 16.0 for windows.
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa pemanfaatan internet memiliki pengaruh yang signifikan 0,001 terhadap prestasi belajar. Pemanfaatan perpustakaan memiliki pengaruh yang signifikan 0,014 terhadap prestasi belajar. Intensitas belajar memiliki pengaruh yang signifikan 0,001 terhadap prestasi belajar. Sedangkan secara simultan pemanfaatan internet, pemanfaatan perpustakaan, dan intensitas belajar memiliki pengaruh yang signifikan 0,000 terhadap prestasi belajar.
2118883/SB/2015 | KKI 330 PRA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain