Electronic Resource
Pengaruh Kreativitas, Motivasi Dan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Memahami Penyusunan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa (Studi pada siswa kelas XI di SMA Negeri Candipuro)
Kreativitas sangat diperlukan agar mampu mengatasi setiap permasalahan yang dihadapi tanpa menggantungkan pada orang lain. Kreativitas yang dimiliki siswa dapat dijadikan dasar untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik. Seorang siswa harus memiliki kreativitas dan keberanian terhadap kondisi dan situasi disekitarnya. Selain kreativitas siswa juga harus mempunyai motivasi belajar yang tinggi untuk mendapat prestasi yang lebih baik. Menghadapi pressaingan yang semakin ketat, diharapkan siswa dan guru mempunyai interaksi dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan guna memperlancar proses blajar mengajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa dan selanjutnya untuk mengetahui pengaruh kreativitas, motivasi dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa secara simultan.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Candipuro dengan mengambil populasi kelas XI IPS dengan jumlah total 133, karena jumlah populasi lebih dari 100 maka peneliti mengambil sampel sebanyak 25% yaitu 33 siswa. pengambilan data pada penelitian ini yaitu menggunakan angket dan hasil peneltian ini kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif dan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 22.00 for windows.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka hasilnya sebagai berikut. Kreativitas memiliki pengaruh yang signifikan terhap prestasi belajar dengan nilai sig.0,003 dimana nilai tersebut 0.003
2118870/SB/2015 | KKI 330 APR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain