Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Team Games Tournament (TGT) Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa ( Studi pada Siswa Kelas XA SMK PGRI Pakisaji)
Metode pembelajaran yang sering digunakan guru adalah metode ceramah dan tanya jawab yang kurang bervariatif, dimana siswa mencatat semua materi. Berdasarkan observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran Akuntansi ditemukan masalah kesadaran siswa dalam memperhatikan penjelasan guru masih rendah. Aktivitas siswa yang kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran yang menyebabkan terjadinya kesenjangan prestasi. Salah satu alternatif untuk meningkatan aktivitas dan prestasi belajar yaitu penerapan pembelajaran kooperatif model TGT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran model Teams- amesTournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi kelas X SMK PGRI Pakisaji.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK PGRI Pakisaji tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 23 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan angket siswa untuk mengukur aktivitas siswa, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, angket aktivitas siswa dan dokumentasi nilai tes akhir siklus siswa dianalisis dengan menghitung persentase dari keseluruhan aspek yang diamati.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa setelah dilakukan penerapan pembelajaran Kooperatif model Teams-Games-Tournament (TGT) menunjukkan bahwa ada peningkatan yaitu dengan menggunakan angket yang dihitung menggunakan statistik adalah R sQuere sebesar 0,946 dan koofisien Sig R sebesar 0,865. Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar akuntansi siswa yaitu dari hasil atau nilai rata-rata siswa pada penerapan pembelajaran kooperatif model TGT sebelum tindakan dan sesudah tindakan siklus 1 dan 2. Nilai rata-rata sebelum tindakan adalah 75 dengan prosentase ketuntasan sebesar 80%. siklus 1 dengan nilai rata-rata 80 dan prosentase ketuntasan sebesar 82% dan siklus 2 dengan nilai rata-rata 86 dengan prosentase ketuntasan 88,2%. Dapat disimpulkan bahwa penenerapan pembelajaran kooperatif model TGT dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas X A SMK PGRI Pakisaji.
2118869/SB/2015 | KKI 330 VID p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain