Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Team Games Tournament (TGT) Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa ( Studi pada Siswa Kelas XA SMK PGRI Pakisaji)

Electronic Resource

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Team Games Tournament (TGT) Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa ( Studi pada Siswa Kelas XA SMK PGRI Pakisaji)

Aisyah Vidiana - Nama Orang; Dr. Ir. H Waluyo Edi Susanto, M.P. - Nama Orang; Riril Mardiana, S.Pd., MM. - Nama Orang;

Metode pembelajaran yang sering digunakan guru adalah metode ceramah dan tanya jawab yang kurang bervariatif, dimana siswa mencatat semua materi. Berdasarkan observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran Akuntansi ditemukan masalah kesadaran siswa dalam memperhatikan penjelasan guru masih rendah. Aktivitas siswa yang kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran yang menyebabkan terjadinya kesenjangan prestasi. Salah satu alternatif untuk meningkatan aktivitas dan prestasi belajar yaitu penerapan pembelajaran kooperatif model TGT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran model Teams- amesTournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi kelas X SMK PGRI Pakisaji.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK PGRI Pakisaji tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 23 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan angket siswa untuk mengukur aktivitas siswa, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, angket aktivitas siswa dan dokumentasi nilai tes akhir siklus siswa dianalisis dengan menghitung persentase dari keseluruhan aspek yang diamati.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa setelah dilakukan penerapan pembelajaran Kooperatif model Teams-Games-Tournament (TGT) menunjukkan bahwa ada peningkatan yaitu dengan menggunakan angket yang dihitung menggunakan statistik adalah R sQuere sebesar 0,946 dan koofisien Sig R sebesar 0,865. Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar akuntansi siswa yaitu dari hasil atau nilai rata-rata siswa pada penerapan pembelajaran kooperatif model TGT sebelum tindakan dan sesudah tindakan siklus 1 dan 2. Nilai rata-rata sebelum tindakan adalah 75 dengan prosentase ketuntasan sebesar 80%. siklus 1 dengan nilai rata-rata 80 dan prosentase ketuntasan sebesar 82% dan siklus 2 dengan nilai rata-rata 86 dengan prosentase ketuntasan 88,2%. Dapat disimpulkan bahwa penenerapan pembelajaran kooperatif model TGT dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas X A SMK PGRI Pakisaji.


Ketersediaan
2118869/SB/2015KKI 330 VID p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 330 VID p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Ekonomi - Unikama., 2014
Deskripsi Fisik
xiii, 89 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
330
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Prestasi Belajar
Aktivitas
Skripsi
Pembelajaran Kooperatif Model TGT
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik