Electronic Resource
Pengaruh Motivasi Belajar, gaya Belajar, Dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Kelas XI IPS Di MA An-Nur Bululawang Malang Tahun Ajaran 2013/2014
Motivasi merupakan daya penggerak dari dalam dan di dalam subjek untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi mencapai suatu tujuan. Gaya belajar adalah cara yang cenderung dipilih siswa untuk bereaksi dan menggunakan perangsang-perangsang dalam menyerap dan kemudian mengatur serta mengolah informasi pada proses belajar. Interaksi teman sebaya adalah kedekatan hubungan pergaulan kelompok teman sebaya serta hubungan antar individu atau anggota kelompok yang mencakup keterbukaan, kerjasama, dan frekuensi hubungan.Untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sangat diperlukan keterkaitan antara faktor-faktor tersebut.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada matapelajaran Ekonomi Akuntansi, untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada matapelajaran Ekonomi Akuntansi, untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa pada matapelajaran Ekonomi Akuntansi dan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, gaya belajar dan interaksi teman sebaya secara simultan terhadap prestasi belajar siswa pada matapelajaran Ekonomi Akuntansi kelas XI IPS di MA An-Nur Bululawang Malang.
Penelitian ini dilakukan di MA An-Nur Bululawang Malang pada bulan April sampai Juni 2014 dengan subjek penelitian siswa kelas XI jurusan IPS sejumlah 133 siswa, yang kemudian diambil sampel dengan teknik proporsional random sampling sejumlah 41 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory research dan instrumen yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 22.0 for windows.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ditemukan hal-hal sebagai berikut. Motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai sig. sebesar 0,000. Gaya belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai sig. sebesar 0,000. Interaksi teman sebaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai sig. 0,002. Secara simultan motivasi belajar, gaya belajar, dan interaksi teman sebaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai sig. sebesar 0,000.
2118849/SB/2015 | KKI 330 ILL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain