Electronic Resource
Pengaruh Kebiasaan Belajar Siswa Kompetensi Guru Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Islam Ma'arid Malang Tahun Pelajaran 2013/2014
Pendidikan adalah usaha-usaha mengembangkan diri, kepribadian dan kemampuan seseorang di dalam dan di luar sekolah. Proses perkembangannya yang dinamis pendidikan senantiasa berkembang dari waktu ke waktu sesuai dengan perkembangan yang terjadi di lingkungan umum, salah satu ciri pendidikan seperti kurikulum, strategi belajar mengajar, alat bantu belajar dalam akademik sosial maupun pribadi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kebiasaan belajar, kompetensi guru, dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa matapelajaran Ekonomi di SMA Islam Ma’arif Malang tahun pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian eksplanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI, XII di SMA Islam Ma’arif tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 36 siswa, karena dalam penelitian ini merupakan penelitian populasi maka penulis mengambil seluruh populasi yang dijadikan sampel sebanyak 36 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Teknik ini dipilih karena semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS Versi 22 for Windows agar hasil yang diperoleh lebih akurat. Berdasarkan hasil penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif persentase kemudian dianalisis dengan analisis regresi linier berganda, uji simultan dan uji parsial. Berdasarkan analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa tingkat kebiasaan belajar termasuk dalam kategori baik, kompetensi guru termasuk dalam kategori baik, dan kebiasaan belajar ermasuk dalam kategori baik, sedangkan untuk prestasi belajar termasuk dalam kategori cukup baik. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 44,235 + 0,898 X1 + 1,387X2 + 1,450X3 + e. Uji keberartian persamaan regresi dengan uji F, diperoleh F hitung = 9,625 dengan probabilitas sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Kebiasaan belajar, kompetensi guru, dan lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matapelajaran Ekonomi. Besarnya pengaruh secara simultan atau bersama-sama dari kebiasaan belajar, kompetensi guru, dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matapelajaran Ekonomi yaitu sebesar 66,5%.
2118839/SB/2015 | KKI 330 WID p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain