Electronic Resource
Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Pergaulan Teman Sebaya, Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Ips Terpadu (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP ISLAM MA’ARIF 02 Kota Malang Tahun Pelajaran 2013/2014)
Dalam pembelajaran merupakan hal yang pasti dijumpai oleh guru dan menjadi tugas seorang guru untuk membimbing siswanya menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Menurunnya motivasi belajar yang disebabkan oleh banyaknya siswa yang kurang efektif dan responsive terhadap materi yang disampaikan guru. Kondisi semacam ini yang menjadikan motivasi belajar siswa mengalami penurunan. Tidak tercapainya atau tidak tuntasnya belajar siswa tersebut disebabkan faktor internal yang salah satunya adalah kompetensi guru dan faktor eksternal diantaranya pergaulan teman sebaya dan lingkungan belajar. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru, pergaulan teman sebaya dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar ekonomi (IPS) siswa SMP Islam Ma’arif 02 Kota Malang tahun pelajaran 2013/2014.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan populasi 403 siswa SMP Islam Ma’arif 02 Kota Malang. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru (X1), pergaulan teman sebaya (X2), dan lingkungan belajar (X3) memiliki pengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap motivasi belajar (Y) IPS ekonomi siswa kelas VIII SMP Islam Ma’arif 02 Kota Malang tahun pelajaran 2013/2014.
2118813/SB/2015 | KKI 330 DHA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain