Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X TKJ B SMK Negeri 4 Malang Tahun Ajaran 2013-2014
Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas X TKJ B di SMK Negeri 4 Malang selama pembelajaran fisika berlangsung, diperoleh kesimpulan bahwa metode pembelajaran yang digunakan di kelas X TKJ B adalah ceramah. Hal ini menyebabkan tidak tuntasnya prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu perlu dilakukan perubahan terhadap metode pembelajaran yang diterapkan. Dalam hal ini, peneliti menerapkan model pembelajaran generatif untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas X TKJ B SMK Negeri 4 Malang. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui keterlaksanaan penerapan model pembelajaran generatif dalam meningkatan prestasi belajar fisika siswa kelas X TKJ B SMK Negeri 4 Malang, (2) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar fisika siswa kelas X TKJ B SMK Negeri 4 Malang melalui penerapan model pembelajaran generatif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan Suhu dan Pemuaian dan Siklus II dengan pokok bahasan Kalor dan Perpindahannya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ B di SMK Negeri 4 Malang yang berjumlah 37 siswa.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, rata-rata keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 84,97% menjadi
93,10% pada siklus II. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa sebelum dilakukan tindakan sebesar 61,92, pada siklus I
sebesar 71,23, dan pada siklus II mencapai 84,14. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran generatif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TKJ B di SMK Negeri 4 Malang Tahun Ajaran 2013/2014.
2118695/SB/2015 | KKI 530 KHO p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain