Electronic Resource
Pengembangan Modul Untuk Mengembangkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Pakisaji Malang
"Siswa yang beralih jenjang dari SD ke SMP dalam proses menyesuaikan diri baik dengan diri sendiri ataupun dengan lingkungan biasanya mengalami kendala terutama di lingkungan baru mereka. Penyesuaian diri terhadap diri sendiri dan lingkungan sangat diperlukan oleh setiap remaja hal ini disebabkan karena masa remaja dengan kondisi awal adalah masa peralihan dari masa anak-anak menuju remaja awal, maka dibutuhkan usaha yang keras dalam melakukan penyesuaian terhadap lingkungan dengan kondisi-kondisi yang lebih baru dan lebih matang agar siswa berkembang secara optimal. Dengan adanya kondisi seperti ini, maka konselor diharapkan dapat membantu siswa untuk mampu menyesuaikan diri baik dengan diri sendiri ataupun dengan lingkungan yang ada disekitarnya. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menambah pengetahuan siswa dalam memahami penyesuaian diri adalah dengan dikembangkannya modul penyesuaian diri bagi siswa SMP untuk membantu siswa dalam meningkatkan penyesuaian dirinya. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan produk yaitu modul untuk mengembangkan penyesuaian diri bagi siswa SMP kelas VII yang dapat diterima secara teoritis dan praktis digunakan oleh konselor Sekolah Menengah Pertama sebagai media pemberian informasi bimbingan pribadi dan sosial. Model pengembangan menggunakan rancangan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari Borg and Gall.Pengembangan modul berlangsung sebagai berikut: (1) Penyusunan modul penyesuaian diri, (2) uji ahli BK secara teoritik, (3) revisi dari uji ahli BK, (4) Uji coba calon pengguna produk atau konselor, (5) revisi dari hasil calon pengguna produk, (6) uji coba kelompok kecil oleh 10 orang siswa. Penilaian dilakukan oleh ahli BK. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket untuk need assessment. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan modul penyesuaian diri bagi siswa memiliki akseptabilitas yang tinggi dari segi kegunaan, ketepatan, kemudahan dan kemenarikan. Baik menurut ahli BK, konselor dan siswa. Produk pengembangan berupa modul untuk mengembangkan penyesuaian diri siswa SMP kelas VII, telah melalui proses penilaian, revisi dan uji ahli. Setelah revisi Modul terdiri dari 5 penggalanya itu (1) Penyesuaian terhadap diri sendiri, (2) hal-hal pribadi yang membuat individu diterima dalam kelompoknya, (3) Penyesuaian diri terhadap lingkungan, (4) Proses perkembangan penyesuaian diri, (5) Penyesuaian diri positif Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) konselor hendaknya menggunakan modul ini untuk memberikan informasi tentang perlunya menyesuaikan diri siswa dilingkungan baru agar siswa mampu dalam menyesuaikan dirinya, (2) perlu uji coba lapangan kepada sasaranya itu siswa dalam skala besar, agar diketahui keefektifan produk yang dihasilkan.
"
2118636/SB/2015 | KKI 371.4 TRI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain