Electronic Resource
Perbedaan Pilihan Karier Siswa Laki-Laki Dan Perempuan Kelas XI Di SMA Ma'arif Pandaan
Pemilihan karier siswa pada individu laki-laki maupun perempuan tertarik pada suatu karier tertentu karena kepribadiannya dan berbagai variabel yang melatar belakanginya sehingga siswa tersebut dapat menggunakan kemampuannya, bakat, sikap dan nilainya. Faktor yang mempengaruhi pemilihan karier siswa yakni faktor diri dan faktor lingkungan, Faktor diri meliputi pengetahuan tentang diri (self-knowledge), evaluasi diri (self-evaluation), dan pengetahuan karir (arah atau luasnya pekerjaan). Sedangkan faktor lingkungan meliputi potensi lingkungan, tekanan sosial yang bersumber dari keluarga dan teman, penilaian atasan dan potensi dari atasan, serta batasan-batasan yang berasal dari sumber sosial ekonomi dan lingkungan fisik.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui apakah ada perbedaan pilihan karier siswa laki-laki dan perempuan kelas XI SMA Ma’arif Pandaan, (2) mengetahui jenis karier yang dipilih oleh siswi perempuan, (3) mengetahui jenis karier yang dipilih oleh siswa laki-laki.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Ma’arif Pandaan tahun ajaran 2013-2014. Jumlah sampel penelitian adalah 166 siswa yang terdiri dari 80 siswa laki-laki dan 86 siswa perempuan. Instrument yang digunakan untuk mengambil data tentang perbedaan pilihan karir siswa adalah angket, analisa data dengan menggunakan metode deskriptif. Dengan korelasi Uji t atau ”t” test.
Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: (1) Tidak ada perbedaan pilihan karir siswa laki-laki dan perempuan kelas XI SMA Ma’arif Pandaan, (2) Harga ”t” test yang diperoleh dari perhitungan sebesar 0,61 dengan taraf signifikan 5% adalah 1,98 dan taraf signifikan 1% adalah 2,61. Dengan demikian ”t” test yang diperoleh signifikan 5% (1,98) dan taraf 1% (2,61), hal ini hipotesis yang diajukan ditolak.
Dengan demikian dari pilihan karir yang dipilih oleh siswa diharapkan siswa menjadi yakin dan mantap dalam memilih karir sesuai dengan kemampuannya. Bagi sekolah diharapkan dapat menfasilitasi siswa dalam memantapkan kemampuan yang dimiliki sehingga dalam memilih karier sesuai dengan kemampuan. Dan bagi konselor atau guru diharapkan dapat lebih memperhatikan kemampuan yang dimiliki oleh siswa dan dapat memberikan masukan kepada siswa.
2118632/SB/2015 | KKI 371.4 Rah p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain