Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Number Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP PGRI Purwosari
Berdasarkan observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran fisika di kelas VII SMP PGRI Purwosari Pasuruan, guru menyampaikan materi pelajaran dengan cara ceramah disertai dengan tanya jawab, memberikan latihan soal, dan memberikan PR. Hanya sebagian kecil siswa yang mendengarkan penjelasan guru, mengerjakan latihan soal, dan mengerjakan PR. Hal ini akibat siswa kurang termotivasi untuk belajar, sehingga prestasi belajarnya menjadi rendah. Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan metode pembelajaran yang dipakai, dalam hal ini peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif number heads together (NHT) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VII SMP PGRI Purwosari Pasuruan.
Model pembelajaran kooperatif number heads together (NHT) adalah salah satu model pembelajaran yang mengikuti empat fase yaitu (1) Numbering (penomoran), (2) Quetioning (mengajukan pertanyaan), (3) Heads Together (berfikir bersama), dan (4) Pemberian Jawaban. Penelitian ini menggunakan
penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus.
Berdasarkan analisis keterlaksanaan pelaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe number heads together (NHT) pada siklus I yaitu 72,63%, dan pada siklus II yaitu 96,66%. Peningkatan ini juga terjadi pada skor motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa. Saat penerapan model pembelajaran kooperatif number heads together (NHT) pada siklus I skor motivasi belajar siswa sebesar 59,41, dan pada siklus II sebesar 90,91. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif number heads together (NHT) adalah 59,11, pada siklus I adalah 72,25, dan pada siklus II
adalah 75,33.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif number heads together (NHT) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIISMP PGRI Purwosari Pasuruan.
2118610/SB/2015 | KKI 530 MAI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain