Electronic Resource
Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Melalui Cinema Terapi Dan Teknik Bermain Peran (Role Playing) Pada Siswa Kelas VIII MTs. Sunan Ampel Ringinrejo Kediri
Berdasarkan fakta yang terjadi di MTs. Sunan Ampel Ringinrejo Kediri, khususnya kelas VIII menunjukkan bahwa kemampuan interaksi sosial siswa tergolong rendah. Hal ini tercermin dari adanya siswa yang masih cenderung diam, masih banyak siswa yang sulit mengungkapkan pendapat dalam diskusi, masih banyak siswa yang sulit untuk bekerjasama dalam situasi kelompok. Beberapa siswa masih kurang bisa bersosialisasi dengan teman yang lain. Hal ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. Hal ini membuat siswa sulit beradaptasi dan sulit mengekspresikan perasaanya secara penuh kepada orang lain. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti memberikan tindakan teknik cinema terapi dan role playing.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dan siklus II menggunakan topik yang sama yaitu tentang meningkatkan kemampuan interaksi sosial, dengan menggunakan cinema terapi dan role playing. Subyek penelitian siswa kelas VIII dengan jumlah 11 siswa. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini observasi, wawancara dan analisis dokumen. Siklus I diperoleh hasil yang belum memuaskan,yaitu dari pertemuan ke 1 samppi ke 4 masih ada 4 siswa yang kemampuan interaksi sosialnya belum meningkat seperti yang diharapkan.Sedangkan jumlah siswa ynag meningkat pada siklus I ini sebanyak 7 siswa, oleh karena itu peneliti melanjutkan ke siklus II dengan jumlah pertemuan sebanyak 3 kali pertemuan. Pada siklus ke II ini, peneliti memperoleh hasil yang cukup memuaskan yaitu dari 4 siswa yang kemampuan interaksi sosialnya belum begitu meningkat pada siklus I, pada siklus II bisa meningkat dari 7 siswa menjadi 9 siswa, meskipun peningkatannya belum mencapai keseluruhan dari siswa yang mempunyai masalah dalam kemampuan berinteraksi sosial. Dikarenakan masih teradapat 2 siswa yang belum menunjukkan peningkatan yang cukup berarti. Subyek penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini meliputi : data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi proses kegiatan cinema terapi dan role playing meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa kelas VIII di MTs. Sunan Ampel Ringinrejo Kediri. Secara umum, teknik cinema terapi dan role playing ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa kelas VIII di MTs. Sunan Ampel Ringinrejo Kediri. Hal ini berarti tujuan dalam penelitian terpenuhi dan hipotesis tindakan terbukti: penerapan teknik cinema terapi dan role playing dapat
2117155/SB/2014 | KKI 371.4 KAR m/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain