Electronic Resource
Expectancy Siswa Kelas VIII Terhadap Layanan Konseling Yang Diberikan Konselor Di SMP 01 PGRI Wagir Kabupaten Malang
Layanan konseling merupakan salah satu layanan yang erat kaitannya dengan hubungan anatara konselor dengan konseli. Layanan konseling membantu individu untuk menyatakan dirinya ke dalam suatu pemecahan masalah yang rumit untuk mempengaruhi perubahan sebagian besar dari tingkah laku klien secara suka rela dan untuk menyesuaikan diri secara kritis. Layanan konseling merupakan jantung bimbingan di sekolah, akan tetapi kenyataannya di lapangan harapan siswa terhadap layanan konseling yang diberikan konselor di sekolah pada umumnya tidak sesuai harapan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ekspektasi siswa terhadap layanan konseling yang di berikan konselor.
Rancangan penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menyimpulkan data serta gambaran mengenai ekspectancy siswa terhadap layanan konseling yang diberikan konselor. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP 01 PGRI Wagir Kabupaten Malang yang sudah melakukan konseling dengan konselor diruang BK yaitu yang berjumlah 22 siswa. Tekhnik pengambilan sampel dengan sampling jenuh sebanyak 22 siswa sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Data dianalisis dengan skoring interval, klasifikasi, persentase dan kategori.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ekspectancy siswa kelas VIII terhadap layanan konseling yang diberikan Konselor di SMP 01 PGRI Wagir Kabupaten Malang secara keseluruhan, sangat banyak (90.90 % atau 20 siswa) menyatakan layanan konseling yang diberikan konselor sangat sesuai dengan ekspectancy siswa dan sangat sedikit (10.10% atau 2 siswa) menyatakan sesuai. Secara lebih rinci perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi layanan konseling, disimpulkan: (1) Perencanaan layanan konseling dari hasil analisis data disimpulkan bahwa sangat banyak (90.90% atau 20 siswa) responden menyatakan, perencanaan layanan konseling yang diberikan konselor sesuai
dengan ekspectancy responden dan sangat sedikit (9.10%) menyatakan sangat sesuai; (2) Pelaksanaan layanan konseling dari hasil analisis data disimpulkan bahwa sangat banyak (90.90% atau 20 siswa) responden menyatakan, pelaksanaan layanan konseling yang diberikan konselor sangat sesuai dengan ekspectancy responden dan sangat sesdikit (9.10% atau 2 siswa) responden menyatakan sesuai; (3) Evaluasi layanan konseling dari hasil analisis data disimpulkan bahwa cukup banyak (54.54% atau 12 siswa) responden menyatakan, evaluasi layanan konseling yang diberikan konselor sangat sesuai dengan ekspectancy responden dan (45.46% atau 10 siswa) responden menyatakan sesuai.
2117146/SB/2014 | KKI 371.4 EFE e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain