Electronic Resource
Hubungan Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas X SMKN 1 Kademangan Kabupaten Blitar
Di sekolah belajar merupakan bagian terpenting di dalam keseluruhan proses pendidikan. Belajar merupakan hal yang pokok yang dapat menentukan berhasil tidaknya tujuan yang ingin dicapai. Seorang dikatakan melakukan kegiatan belajar apabila dalam dirinya terjadi perubahan perilaku. Kegiatan belajar di sekolah maupun di rumah selalu melibatkan orang lain seperti keluarga, teman sebaya dan guru, sehingga diharapkan akan mampu meningkatkan motivasi dan dapat menumbuhkan minat belajar untuk mencapai keberhasilan dalam belajar yang optimal. Siswa mempunyai motivasi belajar tinggi, maka disiplin belajarnya akan tinggi, atau sebaliknya apabila siswa mempunyai motivasi belajar rendah, maka disiplin belajarnya akan rendah
Tujuan penelitian untuk (1) mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas X di SMKN I Kademangan Blitar, (2) mendeskripsikan disiplin belajar siswa kelas X
di SMKN I Kademangan Blitar, dan (3) Untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan disiplin belajar siswa kelas X SMKN I Kademangan Blitar
Rancangan penelitian menngunakan deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas X X di SMKN I Kademangan Blita yang berjumlah 200 siswa. Sampel diambil sebanyak 60 siswadengan menggunakan tehnik random sampling. Alat pengumpul data berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis persentase untuk mengetahui gambaran motivasi belajar dan disiplin belajar, teknik analisis korelasi Product Moment Pearson untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan disip[lin belajar.
Hasil penelitian menjukkan: (1) motivasi belajar siswa kelas X SMKN 1 kademangan Blitar: banyak siswa yaitu sebesar 44 responden (73,33 %) memiliki
motivasi belajar yang tinggi, sedikit siswa yaitu 7 responden (11.67 %) memiliki motivasi belajar yang sangat tinggi, sedikit siswa yaitu 9 responden (15.00 %)
memiliki motivasi belajar yang sedang dan tidak ada responden yang memiliki motivasi belajar yang rendah. (2) disiplin belajar siswa kelas X SMKN 1 kademangan Blitar: banyak siswa yaitu sebesar 37 responden (61,67 %) memiliki disiplin belajar yang tinggi, cukup banyak siswa yaitu 14 responden (26.67 %)
memiliki disiplin belajar yang sangat tinggi, sedikit siswa yaitu 9 responden (15,00 %) memiliki disiplin belajar yang sedang, dan tidak ada responden yang memiliki disiplin belajar yang rendah. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar kelas X SMKN 1 kademangan Blitar besaran probabilitas (Sig.) 0,000 < 0,05. Dan rhitung (0,621) > rtabel (0,254),
2117132/SB/2014 | KKI 371.4 Faj h/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain