Electronic Resource
Pengembangan Modul Bimbangan Sikap Jujur Untuk Siswa SMP
Sikap jujur merupakan suatu kecenderungan perilaku yang dimiliki individu
yang berkaitan dengan sikap kebenaran dalam perkataan maupun perbuatan yang
dinampakkannya. Kesadaran akan sikap jujur penting sekali dimiliki untuk
menciptakan manusia yang mampu berbuat jujur dalam kehidupan khususnya
siswa SMP. Saat ini kesadaran akan sikap jujur dalam aspek sosial, aspek moral,
dan aspek agama pada siswa SMP sangatlah rendah. Hal ini dikarenakan
kurangnya pengetahuan akan pentingnya bersikap jujur dalam kehidupan.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat kegunaan modul
bimbingan sikap jujur untuk siswa SMP, (2) mengetahui tingkat kemudahan
modul bimbingan sikap jujur untuk siswa SMP, (3) mengetahui tingkat
kemenarikan modul bimbingan sikap jujur untuk siswa SMP, dan (4) mengetahui
tingkat ketepatan modul bimbingan sikap jujur untuk siswa SMP.
Pengembangan modul bimbingan sikap jujur dikembangkan dengan
menggunakan rancangan penelitian pengembangan Borg dan Gall. Pengembangan
modul ini berlangsung sebagai berikut (1) mengumpulkan informasi, (2)
melakukan perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji coba, (5) revisi
produk. Pengembangan modul ini diuji validitas oleh ahli Bimbingan dan
Konseling dan calon pengguna produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penilaian modul
bimbingan sikap jujur untuk siswa SMP dilakukan secara kualitatif dan
kuantitatif.
Dilihat dari aspek kegunaan, modul bimbingan sikap jujur untuk siswa
SMP ini sebagai media bimbingan yang berupa bimbingan sikap jujur untuk siwa
SMP yang bermanfaat bagi konselor sebagai pedoman dalam memberikan
layanan informasi kepada siswa tentang sikap jujur. Dikatakan mudah karena
modul bimbingan sikap jujur untuk siswa SMP ini mudah dipahami oleh siswa
maupun konselor yang di dalamnya terdapat petunjuk yang dibuat secara spesifik,
sehingga bahasanya mudah dipahami dan modul didisain dengan gambar-gambar
yang sesuai. Dikatakan menarik karena modul bimbingan sikap jujur untuk siswa
SMP ini disusun secara menarik baik segi isi maupun fisik. Dikatakan dan tepat
modul bimbingan sikap jujur untuk siswa SMPini memenuhi syarat dari segi teori,
bahasa bagi karakteristik siswa SMP dan tepat tujuan dengan kondisi siwa SMP.
2117091/SB/2014 | KKI 371.4 RAT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain