Electronic Resource
Korelasi Antara Minat Dan Pengalaman Pendidikan Pra Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas I SDN Pandanrejo 01 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2012/2013
Anak yang memiliki minat dalam belajar akan terdapat perbedaan. Perbedaan tersebut tampak jelas dari cara belajar mereka. Anak SD yang memiliki pengalaman pendidikan Pra Sekolah akan memiliki prestasi belajar yang berbeda dengan anak SD yang tidak memiliki pengalaman pendidikan Pra Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Korelasi Minat, Pengalaman Pendidikan Pra Sekolah terhadap Prestasi Belajar siswa kelas I. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif korelasional. Sumber penelitian adalah siswa kelas I SDN Pandanrejo 01 kecamatan wager kabupaten malang yang berjumlah 49 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket respon siswa dan dokumenter. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, dimana kedua variabel tersebut terbagi dalam dua kelompok, yaitu: a)Variabel Bebas atau Independent Variabel (X1) yaitu minat, dan variabel bebas yang lain yaitu variabel pengalaman pendidikan Pra Sekolah (X2). b)Variabel tergantung atau Independent Variabel (Y) ialah prestasi belajar siswa kelas I Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan, dapat disimpulkan: 1)Ada pengaruh yang sangat kuat antara minat terhadap prestasi belajar siswa kelas I SDN Pandanrejo 01. 2)Ada pengaruh yang sangat kuat antara pengalaman pendidikan Pra Sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas I SDN Pandanrejo 01. 3)Ada pengaruh yang sangat kuat secara bersama-sama antara fasilitas dan pengalaman pendidikan Pra Sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas I SDN Pandanrejo 01. Adapun saran yang peneliti sampaikan adalah sebagai berikut: 1)Minat bersekolah sangat diperlukan oleh anak untuk meningkatkan prestasi belajarnya. 2) Hendaknya anak dapat meningkatkan motivasi instrinsiknya, karena minat instrinsik lebih dapat memacu seseorang untuk mencapai sesuatu yang lebih baik, yang dapat menjadi kekuatan efektif mengarahkan perilaku seseorang menjadi seperti yang diharapkan. 3) Pengalaman Pendidikan Pra Sekolah sangat diperlukan oleh anak untuk meningkatkan minat yang tinggi bersekolah sehingga prestasi belajarnya bisa baik.
2116903/SB/2014 | KKI 372 Yul k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain