Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Model Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas v SDN Bacem 02 Ponggok Blitar

Electronic Resource

Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Model Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas v SDN Bacem 02 Ponggok Blitar

Rahayu Ningsih - Nama Orang; Drs. Wignyo Winarko, M.Pd. - Nama Orang; Muslim, S.Ag., M.Ag. - Nama Orang;

Kegiatan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional terutama pada mata pelajaran IPA akan menyebabkan siswa kurang aktif, merasa bosan, tidak tertarik pada pelajaran, sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, perlu digunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran tersebut, salah satunya adalah model pembelajaran TAI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah￾langkah pembelajaran TAI dan meningkatkan prosentase motivasi dan prestasi belajar IPA pada siswa kelas V SDN Bacem 02 Ponggok Blitar setelah diterapkan model TAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber penelitian adalah siswa kelas V SDN Bacem 02 ponggok Blitar yang berjumlah 20 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan meliputi tes tulis, lembar observasi, dan lembar catatan lapangan. Penelitian dengan model pembelajaran TAI yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar, dengan langkah-langkah:(1) Membagi siswa menjadi beberapa kelompok; (2) Setiap kelompok terdiri dari 4-5 anak; (3) Para siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 2-3 orang dalam tim, untuk pengecekan; (4) Selanjutnya mereka memulai latihan kemampuan yang pertama mereka; (5) Tiap siswa mengerjakan 3 soal pertama dalam latihan kemampuannya sendiri dan selanjutnya jawabanya dicek oleh teman satu tim, pengecekan siswa bisa melihat jawaban pada buku. jika ketiga soal tersebut benar, siswa tersebut boleh melanjutkan ke soal berikutnya; (6) Siswa yang telah menyelesaikan semua soal latihan dengan benar, maka dia boleh mengikuti tes individu yang mirip dengan latihan kemampuan. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TAI dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V SDN Bacem 02 ponggok Blitar. Hal ini dapat dilihat pada ketuntasan motivasi belajar siswa sebelum dan setelah pembelajaran III tindakan sebesar 35% menjadi 85%. Serta ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran I 40%, pembelajaran II 60% dan pembelajaran III menjadi 90%. Adapun saran yang peneliti sampaikan adalah sebagai berikut.(1) bagi kepala sekolah, hendaknya lebih memperhatikan mutu pendidikan; (2) bagi guru, hendaknya sebelum menggunakan model pembelajaran harus memperhatikan kondisi siswa dan materi di kelas; (3) bagi siswa, hendaknya lebih meningkatkan motivasi dalam diri sendiri agar prestasi belajar meningkat; (4) bagi peneliti selanjutnya, sebelum menerapkkan model TAI, harus menyesuaikan kondisi siswa dan materi.


Ketersediaan
2116891/SB/2014KKI 372 Nin p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 NIN p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2014
Deskripsi Fisik
xiii, 162hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Motivasi Belajar
Skripsi
Team Assisted Individualization
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik