Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi KPK Dan FPB Melalui Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Siswa Kelas IV SDN SIDOREJO 03 Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2013/2014

Electronic Resource

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi KPK Dan FPB Melalui Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Siswa Kelas IV SDN SIDOREJO 03 Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2013/2014

Nailiyatul Khikmah - Nama Orang; Drs. Edy Susilo, M.Pd. - Nama Orang; Drs. Wignyo Winarko, M.Pd - Nama Orang;

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No 20 Tahun 2006 tentang Standar Isi disebutkan bahwa pembelajaran matematika bertujuan supaya siswa memiliki kemampuan memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma secara luwes, akurat, efisien dan tepat dalam pemecahan masalah. Tujuan pembelajaran matematika adalah melatih cara berpikir secara sistematis, logis, kritis, kreatif dan konsisten. Berdasarkan pengamatan di kelas, hasil observasi yang dilakukan peneliti pada kelas IV di dapat permasalahan dalam pembelajaran matematika yang meliputi: 1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika FPB rendah ditandai dengan hasil belajar siswa yang banyak mendapatkan nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan yaitu 70 dan dari 31 siswa yang telah tuntas dalam pembelajaran yaitu 9 siswa atau sekitar 48% sedangkan 22 siswa atau sekitar 52% belum mencapai nilai di atas kriteria ketuntasan minimal, 2) Strategi yang meliputi model pembelajaran yang digunakan kurang tepat dan tidak menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan Pembelajaran Matematika Realistik yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Sidorejo 03 Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2013/2014, 2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada materi KPK dan FPB melalui model pembelajaran matematika realistik siswa kelas IV SDN Sidorejo 03 Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2013/2014. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan rincian siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Setiap siklus meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sidorejo 03 Kabupaten Malang dengan jumlah siswa 31 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar kegiatan kelompok, Tes prestasi belajar, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika realistik terbukti dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sidorejo 03 Kabupaten Malang pada materi KPK dan FPB. Hal ini ditunjukkan dari prosentase rata-rata ketuntasan belajar dari data awal, siklus I, dan siklus II. Ketuntasan belajar klasikal adalah 48%, 53% dan 87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi KPK dan FPB siswa kelas IV SDN Sidorejo 03 Kabupaten Malang.


Ketersediaan
2116876/SB/2014KKI 372 Khi p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 KHI p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2014
Deskripsi Fisik
xv, 72hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Hasil Belajar Matematika
Model Pembelajaran Matematika Realistik
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik