Electronic Resource
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi KPK Dan FPB Melalui Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Siswa Kelas IV SDN SIDOREJO 03 Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2013/2014
Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No 20 Tahun 2006 tentang Standar Isi disebutkan bahwa pembelajaran matematika bertujuan supaya siswa memiliki kemampuan memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma secara luwes, akurat, efisien dan tepat dalam pemecahan masalah. Tujuan pembelajaran matematika adalah melatih cara berpikir secara sistematis, logis, kritis, kreatif dan konsisten. Berdasarkan pengamatan di kelas, hasil observasi yang dilakukan peneliti pada kelas IV di dapat permasalahan dalam pembelajaran matematika yang meliputi: 1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika FPB rendah ditandai dengan hasil belajar siswa yang banyak mendapatkan nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan yaitu 70 dan dari 31 siswa yang telah tuntas dalam pembelajaran yaitu 9 siswa atau sekitar 48% sedangkan 22 siswa atau sekitar 52% belum mencapai nilai di atas kriteria ketuntasan minimal, 2) Strategi yang meliputi model pembelajaran yang digunakan kurang tepat dan tidak menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan Pembelajaran Matematika Realistik yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Sidorejo 03 Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2013/2014, 2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada materi KPK dan FPB melalui model pembelajaran matematika realistik siswa kelas IV SDN Sidorejo 03 Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2013/2014. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan rincian siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Setiap siklus meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sidorejo 03 Kabupaten Malang dengan jumlah siswa 31 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar kegiatan kelompok, Tes prestasi belajar, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika realistik terbukti dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sidorejo 03 Kabupaten Malang pada materi KPK dan FPB. Hal ini ditunjukkan dari prosentase rata-rata ketuntasan belajar dari data awal, siklus I, dan siklus II. Ketuntasan belajar klasikal adalah 48%, 53% dan 87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi KPK dan FPB siswa kelas IV SDN Sidorejo 03 Kabupaten Malang.
2116876/SB/2014 | KKI 372 Khi p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain