Electronic Resource
Pengaruh Persepsi Keterampilan Dasar Mengajar Guru Oleh Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran IPA Siswa Kelas IV Di SDN Pujiharjo 03 Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2013/2014
Keberhasilan siswa dalam memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru sangat tergantung pada ketrampilan seorang guru dalam mengajar. Sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar siswa di sekolah, guru hendaknya memiliki ketrampilan dasar mengajar dan menerapkannya di sekolah dalam proses pembelajaran. Guru terampil dapat melakukan berbagai upaya untuk peningkatan hasil belajar siswa. Untuk mewujudkan hal tersebut, seorang guru dituntut untuk memiliki ketrampilan dasar mengajar. Dengan demikian ketrampilan mengajar tersebut harus senantiasa dikembangkan oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan persepsi ketrampilan dasar mengajar guru oleh siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDN Pujiharjo 03 Tirtoyudo Malang Tahun Pelajaran 2013/2014, (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDN Pujiharjo 03 Tirtoyudo Malang Tahun Pelajaran 2013/2014, dan (3) mengetahui pengaruh yang signifikan antara persepsi ketrampilan dasar mengajar guru oleh siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDN Pujiharjo 03 Tirtoyudo Malang Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pujiharjo 03 Tirtoyudo Malang di Tahun Pelajaran 2013/2014. Jumlah populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, penyebaran angket, dan dokumentasi. Penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan analisa kuantitatif. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan Analisis Regresi Linier Sederhana dan akan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) persepsi ketrampilan dasar mengajar guru oleh siswa kelas IV SDN Pujiharjo 03 Tirtoyudo Malang sudah baik dengan rata-rata nilai hasil angket 60,43, dimana skor maksimal 80 dan skor minimal 34, (2) hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Pujiharjo 03 Tirtoyudo Malang rata-rata 67,57, dan (3) persepsi ketrampilan dasar mengajar guru oleh siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Pujiharjo 03 Tirtoyudo Malang sebesar 26%. Berdasarkan penelitian ini, diharapkan Kepala Sekolah lebih memperhatikan maupun mengawasi cara mengajar para guru. Guru harus lebih meningkatkan ketrampilan dasar mengajar yang dimiliki dan melaksanakannya dengan baik agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
2116851/SB/2014 | KKI 372 Yus p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain