Electronic Resource
Pengaruh Kopetensi Guru Tehadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di SDN SUMBEREJO 03 Kecamatan Ponco Kusumo Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2013-2014
Keberhasilan guru dalam melaksanakan pendidikan dan pembelajaran tidak terlepas dari kompetensi yang dimiliki. Guru harus mampu menguasai kompetensi yang sudah ditetapkan yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Kompetensi tersebut harus diterapkan secara seimbang agar memperoleh hasil belajar yang maksimal. Hasil belajar yang diharapkan tidak hanya kemampuan secara kognitif guru harus memperhitungkan kemampuan afektif dan psikomotor. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan kompetensi guru pada mata pelajaran matematika di SDN Sumberejo 03 Poncokusumo Malang tahun pelajaran 2013/2014, (2) mendiskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SDN Sumberejo 03 Poncokusumo Malang tahun pelajaran 2013/2014, (3) mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SDN Sumberejo 03 Poncokusumo Malang tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberejo 03 Poncokusumo Malang pada tahun pelajaran 2013/2014. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa di SDN Sumberejo 03 dengan jumlah 86 siswa.Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, penyebaran angket, dan dokumentasi. Penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan analisa kuantitatif. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis regresi linier sederhana dan akan ditarik kesimplan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kompetensi guru pada mata pelajaran matematika di SDN Sumberejo 03 Poncokusumo Malang tahun pelajaran 2013/2014 sudah cukup dengan rata-rata 71,29 dimana skor maksimal adalah 79 dan skor minimal adalah 64, (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SDN Sumberejo 03 Poncokusumo Malang tahun pelajaran 2013/2014 rata-rata 75,10, (3) kompetensi guru berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SDN Sumberejo 03 Poncokusumo Malang tahun pelajaran 2013/2014 sebesar 11,3%. Berdasarkan penelitian ini, diharapkan Kepala sekolah memberikan contoh yang baik bagaimana seharusnya kompetensi guru dilaksanakan secara maksimal dan selalu mengawasi kinerja guru dengan baik. Guru harus meningkatkan kompetensinya.. Selain itu peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian yang serupa agar hasil yang diperoleh lebih meyakinkan.
2116847/SB/2014 | KKI 372 Kha p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain