Electronic Resource
Penerapan Pembelajar Fisika Dengan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIIIC SMP Negri 1 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan peneliti bahwa nilai rata-rata siswa pada mata pelajaran fisika belum memenuhi KKM. Peneliti juga menemukan bahwa guru kelas VIIIC di SMP Negeri 1 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung hanya menggunakan metode ceramah dalam mengajar dengan menekankan hafalan-hafalan sehingga siswa lebih cepat lupa dan bosan, selain itu siswa juga jarang melakukan eksperimen di laboratorium.
Nilai rata-rata sebelum dilakukan tindakan sebesar 70,2 dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 56,7%. Nilai rata-rata tersebut termasuk dalam kategori cukup baik dari KKM yang telah ditentukan sebesar 75 dan ketuntasan klasikal sebesar 75%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 pada materi Cahaya dengan menggunakan metode eksperimen.
Data yang digunakan adalah data tentang kondisi awal siswa yang diambil dari nilai ulangan harian pokok bahasan sebelumnya. Nilai prestasi belajar siswa diperoleh dari pemberian evaluasi (tes tertulis) kepada siswa. Nilai keaktifan siswa diperoleh dari hasil pengamatan melalui lembar observasi.
Nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 73,8 dengan ketuntasan belajar klasikal 63,3%, nilai rata-rata tersebut masuk dalam kategori cukup baik. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa naik menjadi 78 dengan ketuntasan belajar klasikal 76,7% dan termasuk dalam kategori baik. Hasil pengamatan keaktifan siswa pada siklus I secara klasikal mencapai 50,65%, termasuk dalam kategori cukup baik, sedangkan pada siklus II hasil pengamatan keaktifan siswa secara klasikal mencapai 75,7% dan termasuk dalam kategori baik.
Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran fisika dengan metode eksperimen dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada materi Cahaya di kelas VIIIC SMP Negeri 1 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan nilai siswa dari tes awal, siklus I dan siklus II saat penerapan pembelajaran fisika dengan metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar diadakan penelitian lebih lanjut dan metode eksperimen agar dijadikan alternatif pembelajaran bagi guru fisika dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa.
2116836/SB/2014 | KKI 372 FAU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain