Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Siklus Belajar 3e Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa Di SLTP Negeri 2 Sumberpucung

Electronic Resource

Penerapan Model Siklus Belajar 3e Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa Di SLTP Negeri 2 Sumberpucung

Muhammad Fariq Amin - Nama Orang; Drs.Sutrisno, MT. - Nama Orang; Dr. H. Sudi Dul Aji, M.Si. - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi pada kelas 8 SLTP NEGERI 2 sumberpucung diperoleh informasi bahwa fisika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit dan momok menakutkan. Disamping itu siswa cenderung pasif selama pembelajaran berlangsung. Hal ini menyebabkan prestasi belajar siswa terhadap
pelajaran fisika masih rendah dilihat dari nilai rata-rata kelas pada pra tindakan yaitu ketuntasan belajar sebesar 66,67%. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah penerapan model siklus belajr 3E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran model siklus belajar 3E dapat meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas 8 SLTP Negeri 2 Sumberpucung.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 SLTP Negeri 2 Sumberpucung yang berjumlah 30 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan pembelajaran siklus belajr 3E, sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa meningkat disetiap siklus. Sikap ilmiah siswa pada siklus I adalah 67,7% dan pada siklus II meningkat menjadi 80,4%. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi belajar siswa yaitu pada siswa yang memenuhi kkm siklusI sebesar 73,3% dan siklus II sebesar 90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan siklus belajar 3E dapat meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa. Oleh karena itu model pembelajaran ini dapat diterapkan pada sekolah lain dengan kondisi dan latar belakang yang hampir sama.


Ketersediaan
2116797/SB/2014KKI 530 AMI p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 AMI p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2014
Deskripsi Fisik
xiv,62 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Prestasi Belajar Siswa
Skripsi
Sikap Ilmiah Siswa
Siklus Belajr 3E
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik