Electronic Resource
Penerapan Model Siklus Belajar 3e Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa Di SLTP Negeri 2 Sumberpucung
Berdasarkan hasil observasi pada kelas 8 SLTP NEGERI 2 sumberpucung diperoleh informasi bahwa fisika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit dan momok menakutkan. Disamping itu siswa cenderung pasif selama pembelajaran berlangsung. Hal ini menyebabkan prestasi belajar siswa terhadap
pelajaran fisika masih rendah dilihat dari nilai rata-rata kelas pada pra tindakan yaitu ketuntasan belajar sebesar 66,67%. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah penerapan model siklus belajr 3E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran model siklus belajar 3E dapat meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas 8 SLTP Negeri 2 Sumberpucung.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 SLTP Negeri 2 Sumberpucung yang berjumlah 30 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan pembelajaran siklus belajr 3E, sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa meningkat disetiap siklus. Sikap ilmiah siswa pada siklus I adalah 67,7% dan pada siklus II meningkat menjadi 80,4%. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi belajar siswa yaitu pada siswa yang memenuhi kkm siklusI sebesar 73,3% dan siklus II sebesar 90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan siklus belajar 3E dapat meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa. Oleh karena itu model pembelajaran ini dapat diterapkan pada sekolah lain dengan kondisi dan latar belakang yang hampir sama.
2116797/SB/2014 | KKI 530 AMI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain