Electronic Resource
Pengaruh Model STAD Melalui Metode Scaffolding Konseptual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Fisika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 2 Malang
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menguji perbedaan kemampuan berpikir kritis antara model STAD melalui metode scaffolding konseptual dan pembelajaran konvensional. 2) menguji perbedaan prestasi belajar antara model STAD melalui metode scaffolding konseptual dan pembelajaran konvensional. 3) menguji perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi pada model STAD melalui metode scaffolding konseptual dan pembelajaran konvensional. 4) menguji perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah pada model STAD melalui metode scaffolding konseptual dan pembelajaran konvensional. 5) menguji perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi pada model STAD melalui metode scaffolding konseptual dan pembelajaran konvensional. 6) perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah pada model STAD melalui metode scaffolding konseptual dan pembelajaran konvensional. 7) menguji interaksi antara model pembelajaran (STAD melalui metode scaffolding konseptual dan konvensional) dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar fisika siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP NEGERI 2 MALANG. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas dari kelas VIII SMP Negeri 2 Malang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar fisika yang sebelumnya diuji kelayakan instrumen yang meliputi uji taraf kesukaran, uji daya pembeda, uji validitas dan uji reliabilitas.. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA
berbantuan SPSS 16.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan pada model STAD melalui scaffolding konseptual
dan pembelajaran konvensional (F = 8.936; p
2116795/SB/2014 | KKI 530 MUK p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain