Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle “5E” Berbasis Eksperimen Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Di Kelas  VII B SMPN 2 Wagir Malang Tahun Ajaran 2013/2014

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle “5E” Berbasis Eksperimen Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Di Kelas VII B SMPN 2 Wagir Malang Tahun Ajaran 2013/2014

Eduardus Rudy Sebatu - Nama Orang; Drs. Choirul Huda, M.Si. - Nama Orang; Dr. M. Wartono, M.Pd. - Nama Orang;

Berdasarkan observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran fisika di Kelas VII B SMP Negeri 2 Wagir, diketahui bahwa metode yang sering diterapkan di
kelas tersebut adalah metode ceramah. Guru menyampaikan materi pembelajaran dengan cara ceramah disertai dengan latihan soal. Hal ini mengakibatkan siswa menganggap pembelajaran fisika itu membosankan dan dianggap menjadi pelajaran yang sulit untuk siswa. Selama pembelajaran berlangsung hanya
beberapa siswa yang mendengarkan penjelasan guru dan mengerjakan latihan soal. Tidak ada siswa yang bertanya saat diberikan kesempatan bertanya dan hanya beberapa siswa yang menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan terhadap metode pembelajaran yang dipakai, dibutuhkan suatu kondisi pembelajaran yang menarik, bermakna, yang membutuhkan peran siswa secara aktif. Dalam hal ini peneliti menerapkan Pembelajaran Learning Cycle 5 Fase Berbasis Eksperimen yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Wagir.
Model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase Berbasis Eksperimen terdiri 5 tahap kegiatan, yaitu mengajak (engagement), menggali (exploration), menjelaskan (explaination), penerapan konsep (elaboration), dan evaluasi (evaluation). Pada setiap tahapan siswa diajak terlibat langsung dalam proses pembelajaran dan ketika tahap exploration siswa diajak untuk melakukan eksperimen sesuai dengan materi yang dibahas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 di kelas VII B SMP Negeri 2 Wagir. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 31 siswa. Berdasarkan analisis keaktifan belajar siswa saat penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5 Fase Berbasis Eksperimen pada siklus I yaitu 74,90 dan pada siklus II yaitu 85,25. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa sebelum penerapan Pembelajaran Learning Cycle 5 Fase Berbasis Eksperimen adalah 65, pada siklus I adalah 73,65 dan pada siklus II adalah 78,94. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Learning Cycle
5 Fase Berbasis Eksperimen dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Wagir.


Ketersediaan
2116785/SB/2014KKI 530 SEB p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 SEB p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2014
Deskripsi Fisik
xv, 107 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Prestasi Belajar
Keaktifan belajar
Skripsi
Model Pembelajaran Learning Cycle 5 Fase
Berbasis Eksperimen
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik