Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle “5E” Berbasis Eksperimen Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Di Kelas VII B SMPN 2 Wagir Malang Tahun Ajaran 2013/2014
Berdasarkan observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran fisika di Kelas VII B SMP Negeri 2 Wagir, diketahui bahwa metode yang sering diterapkan di
kelas tersebut adalah metode ceramah. Guru menyampaikan materi pembelajaran dengan cara ceramah disertai dengan latihan soal. Hal ini mengakibatkan siswa menganggap pembelajaran fisika itu membosankan dan dianggap menjadi pelajaran yang sulit untuk siswa. Selama pembelajaran berlangsung hanya
beberapa siswa yang mendengarkan penjelasan guru dan mengerjakan latihan soal. Tidak ada siswa yang bertanya saat diberikan kesempatan bertanya dan hanya beberapa siswa yang menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan terhadap metode pembelajaran yang dipakai, dibutuhkan suatu kondisi pembelajaran yang menarik, bermakna, yang membutuhkan peran siswa secara aktif. Dalam hal ini peneliti menerapkan Pembelajaran Learning Cycle 5 Fase Berbasis Eksperimen yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Wagir.
Model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase Berbasis Eksperimen terdiri 5 tahap kegiatan, yaitu mengajak (engagement), menggali (exploration), menjelaskan (explaination), penerapan konsep (elaboration), dan evaluasi (evaluation). Pada setiap tahapan siswa diajak terlibat langsung dalam proses pembelajaran dan ketika tahap exploration siswa diajak untuk melakukan eksperimen sesuai dengan materi yang dibahas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 di kelas VII B SMP Negeri 2 Wagir. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 31 siswa. Berdasarkan analisis keaktifan belajar siswa saat penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5 Fase Berbasis Eksperimen pada siklus I yaitu 74,90 dan pada siklus II yaitu 85,25. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa sebelum penerapan Pembelajaran Learning Cycle 5 Fase Berbasis Eksperimen adalah 65, pada siklus I adalah 73,65 dan pada siklus II adalah 78,94. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Learning Cycle
5 Fase Berbasis Eksperimen dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Wagir.
2116785/SB/2014 | KKI 530 SEB p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain