Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Peta Konsep Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP NASIONAL Malang Tahun 2013/2014
Tingkat penguasaan konsep siswa terhadap fisika sampai saat ini masih rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya minat dan pandangan siswa terhadap pelajaran fisika. Siswa cenderung belajar dengan sistem hafalan. Untuk meningkatkan penguasaan konsep belajar fisika diperlukan strategi pembelajaran yang sesuai yaitu dengan peta konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas VII A SMP Nasional Malang.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Nasional Malang, sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Nasional Malang.
Data penelitian berupa data peta konsep yang diperoleh dari hasil tes siswa yang digunakan sebagai pendukung analisis dan refleksi siklus 1 dan siklus 2.
Berdasarkan hasil penelitian, maka pembelajaran peta konsep untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajan peta konsep ini dilihat dari keterlaksanaan kegiatan pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 69,45% sedangkan pada siklus II memperoleh persentase 81,75%. Keterlaksanaan pembelajarannya baik. Sehingga model pembelajar peta konsep dapat meningkatkan prestasi belajar fisika, ini dilihat dari prestasi belajar rata-rata pada siklus I memperoleh persentase 67,74 sedangkan pada siklus II memperoleh persentase 71,63 ini bisa dikatakan bahwa Prestasi belajar fisika meningkat.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajar peta konsep dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas VII A SMP
Nasional Malang.
2116775/SB/2014 | KKI 530 TRI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain