Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Pembelajaran Peta Konsep Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP NASIONAL Malang Tahun 2013/2014

Electronic Resource

Penerapan Pembelajaran Peta Konsep Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP NASIONAL Malang Tahun 2013/2014

Yanes Trirbo - Nama Orang; Drs. Choirul Huda, M.Si. - Nama Orang; Drs. Sudi Dul Aji, M.Si. - Nama Orang;

Tingkat penguasaan konsep siswa terhadap fisika sampai saat ini masih rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya minat dan pandangan siswa terhadap pelajaran fisika. Siswa cenderung belajar dengan sistem hafalan. Untuk meningkatkan penguasaan konsep belajar fisika diperlukan strategi pembelajaran yang sesuai yaitu dengan peta konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas VII A SMP Nasional Malang.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Nasional Malang, sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Nasional Malang.
Data penelitian berupa data peta konsep yang diperoleh dari hasil tes siswa yang digunakan sebagai pendukung analisis dan refleksi siklus 1 dan siklus 2.
Berdasarkan hasil penelitian, maka pembelajaran peta konsep untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajan peta konsep ini dilihat dari keterlaksanaan kegiatan pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 69,45% sedangkan pada siklus II memperoleh persentase 81,75%. Keterlaksanaan pembelajarannya baik. Sehingga model pembelajar peta konsep dapat meningkatkan prestasi belajar fisika, ini dilihat dari prestasi belajar rata-rata pada siklus I memperoleh persentase 67,74 sedangkan pada siklus II memperoleh persentase 71,63 ini bisa dikatakan bahwa Prestasi belajar fisika meningkat.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajar peta konsep dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas VII A SMP
Nasional Malang.


Ketersediaan
2116775/SB/2014KKI 530 TRI p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 TRI p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2014
Deskripsi Fisik
xi, 50 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Prestasi Belajar
Skripsi
Peta Konsep
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik