Electronic Resource
Penerapan Pendekatan Problem Posing Berbasis Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP PCRI 03 Malang
Pembelajaran Fisika di kelas VIII SMP PGRI 03 Malang selama ini berlangsung dengan model pembelajaran yang konvensional dan menggunakan metode ceramah. Standarketuntasanbelajarsiswapadakelas VIII SMP PGRI 03 Malang ditentukanolehpihaksekolah, yaitusebesar 70.Ketuntasanbelajar dilihat dari nilaiujianmatapelajaranfisikapada semester ganjil, danbelumadasiswa yang mencapaistandarketuntasandari 12 siswa,dengannilai rata-rata kelasadalah 62.66.Guru masih dominan dalam pembelajaran sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pelajaran, siswa tidak dapat mengidenfikasi permasalahan secara sendirinya atau gagasan pada guru. Penggunaan pendekatan dan metode yang kurang tepat akan menyebabkan proses belajar menjadi kurang menyenangkan sehingga motivasi belajar siswa rendah dan tentunya akan berpengaruh terhadap prestasi belajar belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP PGRI 03 Malang. Untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran maka dilakukan pembelajaran dengan penerapkanPendekatan Problem Posing Berbasis Metode Demonstrasi.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 dikelas VIII SMP PGRI 03 Malang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 12 siswa. Pada siklus pertama sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi
belajar dengan penerapan Pendekatan ProblemPosing Berbasis Metode Demonstrasi. Di lain sisi guru sebagai pengajar belum maksimal dalam mengimplementasikan Pendekatan ProblemPosing Berbasis Metode Demonstrasi. Pada siklus kedua siswa dan guru sudah memahami implementasi Pendekatan ProblemPosing Berbasis Metode Demonstrasi dan menunjukan hasil yang cukup memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap
keterlaksanaan kegiatan pembelajaran yang meningkat yaitu pada siklus I memperoleh presentase 87.74% pada siklus II memperoleh peningkatan yaitu menjadi 92.39%.
Berdasarkan analisis dari indikator-indikator motivasi belajar, motivasi belajar siswa sebelum pada siklus I yaitu 71.41%, dan pada siklus II yaitu 79.21%. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi belajar siswa. Nilai rata-rata kelas sebelum pembelajaran dengan penerapan Pendekatan ProblemPosing Berbasis Metode Demonstrasi adalah 62.66, pada siklus I adalah 70.16, dan pada siklus II adalah 75.5.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapanPendekatan ProblemPosing Berbasis Metode Demonstrasi dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP PGRI 03 Malang.
2116772/SB/2014 | KKI 530 FEB p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain