Electronic Resource
Hubungan Antara Latar Belakang Sosial Keluarga Dengan Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Di SMAN 1 Tumpang
Pendidikan merupakan suatu proses menyiapkan individu untuk mampu menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan. Banyak faktor yang mempengaruhi minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Akan tetapi pada kenyataannya minat melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi pada siswa SMAN 1 Tumpang masih cukup rendah.
Tujuan penelitian untuk : (1) mengetahui bagaimana hubungan antara latar belakang sosial keluarga,(2) mengetahui bagaimana minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, (3)mengetahui adakah hubungan antara latar belakang sosial keluarga dengan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, Teknik pengambilan sample dengan cara simple random sampling dengansampelsebanyak 170 siswakelasXII SMAN 1 Tumpang. Instrumen yang digunakanangket, Analisa data di dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakanChi Square.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa latar belakang sosial keluarga berada pada kategori baik sebanyak 62,9% berkategori baikdan 62,4% dari jumlah tersebut berminat melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi.
Hasil pengujian hipotesis H0 ditolak artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara latar belakang sosial keluarga dengan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Saran untuk orang tua diharapkan terus memotivasi anaknya agar terus belajar dan sedapat mungkin memenuhi kebutuhan pendidikannya, sehingga anak memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
2116707/SB/2014 | KKI 371.4 Her h/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain