Electronic Resource
Penelitian Tindakan Kelas Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Melalui Bimbingan Kelompok di SMP Terbuka Jabung Tahun Pelajaran 2012/2013
Dalam proses belajar pembelajaran, para siswa SMP Terbuka merasa tidak percaya diri, rasa takut dan malu yang mengakibatkan motivasi berprestasinya rendah. Ini terlihat dari beberapa perilaku siswa dalam KBM sehari-hari yakni sikap pasif, lebih banyak diam, tidak merespon, tidak displin mengerjakan tugas dan pekerjaan rumah, tidak bersemangat, tidak bekerja keras, dan tidak mau bertanya. Mereka juga gampang menyerah bahkan sering tidak memperhatikan guru pada saat menjelaskan pelajaran.
Berangkat dari permasalahan itu, peneliti mengajukan metode bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMP Terbuka yang proses belajarnya jauh berbeda dari siswa regular atau siswa yang bersekolah di negeri maupun swasta. Melalui bimbingan kelompok ini diharapkan siswa mampu mengenali masalah- masalah yang mereka hadapi sehingga mampu memecahkan masalah tersebut secara mandiri. Dengan demikian, prestasi siswa SMP Terbuka dapat meningkat secara optimal.
Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling dengan meningkatkan unsur desain untuk memungkinkan diperolehnya gambaran keefektifan tindakan yang telah direncanakan. Variabel X adalah Bimbingan Kelompok dan Variabel Y adalah Motivasi Berprestasi. Penelitian tindakan bimbingan dan konseling dilakukan terhadap siswa kelas VII dan VIII SMP Terbuka berjumlah 14 siswa dengan rincian 7 laki-laki dan 7 perempuan.
Secara umum, bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa kelas VII dan VIII SMP Terbuka Jabung, Kabupaten Malang, sangat efektik karena ada perubahan atau peningkatan signifikan pada nilai atau skor motivasi berprestasinya. Hal ini berati tujuan dalam penelitian terpenuhi dan dan hipotesis tindakan terbukti: Bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMP Terbuka Jabung.
2116397/SB/2014 | KKI 371.4 ISM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain