Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif ipe Think Pair Share (TPS) Berbasis Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP PGRI 1 Bululawang - Malang
Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbasis demonstrasi adalah suatu pendekatan pembelajaran kooperatif yang mengajak siswa untuk berfikir (Think), berpasangan (Pair), berbagi (Share) dan proses pengajaran yang diasajikan dengan menggunakan alat-alat peraga atau memperlihatkan suatu proses didepan kelas berdasarkan konsep yang sedang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif tipe TPS berbasisi demonstrasi dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika siswa Kelas VIII SMP PGRI Bululawang Bululawang Malang, untuk mengetahui peningkatan keaktivan belajar siswa Kelas VIII SMP PGRI Bululawang Malang dengan menggunakan implementasi Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS berbasisi demonstrasi, untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa Kelas VIII SMP PGRI Bululawang bululawang Malang dengan menggunakan implementasi Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS berbasisi Demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan pemantulan cahaya dan cermin cekung, siklus II dengan pokok bahasan cermin cembung dan lensa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Bululawang Malang yang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran siklus I sebesar 80,1 % dan berada pada kriteria cukup baik, siklus II 89,7 % dan berada pada kriteria baik,. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi belajar fisika siswa. Nilai rata-rata siswa sebelum tindakan 63,1 % dengan ketuntasan belajar 43 %, Siklus I 68,1 % dengan ketuntasan belajar 57 %, siklus II 76,1 dengan ketuntasan belajar 76,1 %.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbasis demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika SMP PGRI 1 BululawangMalang.
2116156/SB/2014 | KKI 530 NIS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain