Electronic Resource
Hubungan Antara Motivasi Belajar Fasilitas Belajar Situasi Lingkungan Keluarga Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas VII SMP Negeri 2 Kepanjen Tahun Pelajaran 2012/2013
"Berdasarkan latar belakang dan dinamika, maka perlu diteliti Hubungan faktor motivasi belajar, fasilitas belajar, situasi lingkungan keluarga, dan tingkat pendidikan orang tua siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas VII SMP Negeri 2 Kepanjen Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1). Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kepanjen (2) Untuk mengetahui apakah ada hubungan fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kepanjen, (3) Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara situasi lingkungan keluarga dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kepanjen, (4) Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara tingkat pendidikan orang tua siswa dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kepanjen, dan (5) Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara motivasi belajar, fasilitas belajar, situasi lingkungan keluarga dan tingkat pendidikan orang tua siswa dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kepanjen. Populasi dalam penelitian ini adalah 282 siswa pada kelas VII SMP Negeri 2 Kepanjen tahun pelajaran 2012/2013. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode perhitungan korelasi product moment. Teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Berdasarkan dari hasil perhitungan statistik bahwa koefisien korelasi antara motivasi belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran geografi adalah 0,356. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa maka akan dibandingkan antara r hitung dengan r tabel pada signifikansi 5% pada tabel. Taraf signifikan 5 % (dalam tabel) adalah 0,254 karena r hitung lebih besar dari r tabel, dengan demikian menunjukan bahwa motivasi belajar di SMP Negeri 2 Kepanjen memiliki hubungan dengan prestasi belajar siswa. Hasil perhitungan statistik bahwa koefisien korelasi antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran geografi adalah
0,297. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa maka akan dibandingkan antara r hitung dengan r tabel pada
signifikansi 5% pada tabel. Taraf signifikan 5 % (dalam tabel) adalah 0,254 karena r hitung lebih besar dari r tabel, dengan demikian menunjukan bahwa fasilitas belajar di SMP Negeri 2 Kepanjen memiliki hubungan dengan prestasi belajar siswa. Hasil perhitungan statistik bahwa koefisien korelasi antara situasi lingkungan keluarga dengan prestasi belajar pada mata pelajaran geografi adalah 0,425. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara situasi ligkungan keluarga dengan prestasi belajar siswa maka akan dibandingkan antara r hitung dengan r tabel pada signifikansi 5% pada tabel. Taraf signifikan 5 % (dalam tabel) adalah 0,254 karena r hitung lebih besar dari r tabel, dengan demikian menunjukan bahwa situasi lingkungan keluarga siswa di SMP Negeri 2 Kepanjen memiliki hubungan dengan prestasi belajar siswa. Hasil perhitungan statistik bahwa koefisien korelasi antara tingkat pendidikan orang tua siswa dengan prestasi belajar pada mata pelajaran geografi adalah 0,415. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara tingkat pendidikan orang tua siswa dengan prestasi belajar siswa maka akan dibandingkan antara r hitung dengan r tabel pada signifikansi 5% pada tabel. Taraf signifikan 5 % (dalam tabel) adalah 0,254 karena r hitung lebih besar dari r tabel, dengan demikian menunjukan bahwa tingkat pendidikan orang tua siswa di SMP Negeri 2 Kepanjen memiliki hubungan dengan prestasi belajar siswa.Sementara itu, dari hasil perhitungan korelasi antara motivasi belajar, fasilita belajar, situasi lingkungan keluarga, dan tingkat pendidikan orang tua siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi di dapat r hitung 0.602 dan nilai r tabel pada taraf signifikan 5% adalah 0.254. Karena r hitung lebih besar dari r tabel, dengan demikian dapat di simpulkan bahwa ada hubungan yang positif antara motivasi belajar fasilitas belajar situasi lingkungan keluarga dan tingkat pendidikan orang tua siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas VII SMP Negeri 2 Kepanjen.
"
2116129/SB/2014 | KKI 910 RES h/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain