Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV A SDN Mendalawangi 1 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2012/2013

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV A SDN Mendalawangi 1 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2012/2013

Nayla Anvika Ramadani - Nama Orang; Drs. I Ketut Suastika, M. Si. - Nama Orang; Dra. Siti Halimatus Sakdiyah, M.Pd. - Nama Orang;

Kegiatan pembelajaran IPA dengan metode ceramah dan tidak adanya media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran membuat siswa bosan, ramai, asyik sendiri, pasif , sebagai penonton saja, dan hanya ada beberapa siswa yang merespon pembelajaran. Hal ini menyebabkan prestasi belajar siswa banyak yang dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber penelitian adalah siswa kelas IVA SDN Mendalanwangi 1 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang yang terdiri dari 32 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan meliputi tes tulis, wawancara, lembar observasi, lembar catatan lapangan, dan angket respon siswa. Penelitian dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang dapat meningkatkan prestasi belajar adalah dengan langkah-langkah : 1) penyampaian tujuan dan motivasi. 2) pembagian kelompok 3) presentasi dari guru. 4) kegiatan belajar dalam tim (kerja tim). 5) kuis evaluasi. 6) penghargaan prestasi tim. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IVA SDN Mendalanwangi 1 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang dari 62,5 % menjadi 84,7% . Siswa menjadi lebih memahami materi dengan menggunakan pembelajaran tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD), selain itu baik siswa yang berkemampuan tinggi maupun siswa yang berkemampuan rendah berani bertanya serta mengeluarkan pendapat. Adapun saran yang peneliti sampaikan adalah: 1) sekolah seharusnya menggunakan media pembelajaran sesuai kebutuhan siswa. 2) guru seharusnya berlatar belakang dari guru kelas/bukan dari guru bidang studi 3) guru seharusnya menerapkan model pembelajaran inovatif seperti model pembelajaran kooperatif tipe (STAD). 3) pada saat penyajian akhir berupa presentasi dalam pembelajaran kooperatif tipe (STAD) sebaiknya guru lebih berperan aktif dalam membimbing dan memantau aktivitas siswa agar tercapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.


Ketersediaan
2116115/SB/2014372 Ram pPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 NAY p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2013
Deskripsi Fisik
xv, 119hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Model Pembelajaran
Prestasi Belajar
Skripsi
Model Student Teams Achievement Divisions
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik