Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penggunaan Permaian Ular Tangga Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Materi Peraturan Perundang - Undangan Pada Siswa Kelas V SDN Karangbesuki 2 Malang

Electronic Resource

Penggunaan Permaian Ular Tangga Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Materi Peraturan Perundang - Undangan Pada Siswa Kelas V SDN Karangbesuki 2 Malang

Roib Wahyuni - Nama Orang; Drs. Didik Iswahyudi, M.Pd. - Nama Orang; Dra. Rahaju, M.Pd - Nama Orang;

Pembelajaran PKn yang kurang menarik membuat siswa tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dan pada akhirnya menghasilkan prestasi belajar yang kurang memuaskan. Oleh karena itu, perlu adanya proses pembelajaran yang menantang agar siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran dan prestasi belajarnya meningkat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan permainan ular tangga. Permainan ini menuntut siswa untuk menguasai materi dan saling bekerjasama dengan teman untuk memecahkan suatu masalah. Selain itu, permainan ini menggunakan papan permainan yang besar, sehingga dapat menimbulkan semangat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran dengan permainan ular tangga yang dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar materi perundang-undangan, serta mengetahui besarnya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar dengan menggunakan permainan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Karangbesuki 2 Malang yang berjumlah 21 siswa. Alat penggumpul data yang digunakan meliputi tes tulis, pedoman observasi, lembar catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah permainan ular tangga yang dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar adalah: (1) guru menjelaskan materi; (2) guru membagi siswa menjadi 4 kelompok; (3) tiap kelompok menunjuk satu anggotanya untuk menjadi bidak; (4) anggota kelompok melempar dadu; (5) bidak kelompok melangkah di atas petak sesuai jumlah mata dadu yang keluar; (6) bidak membacakan soal dan anggota kelompok mencatat soal; (7) kelompok melakukan diskusi; (8) anggota kelompok membacakan hasil diskusi; (9) guru memberikan poin kepada kelompok yang menjawab benar dan memberi kesempatan kelompok lain untuk menjawab jika jawaban salah; (10) guru memberikan poin kepada kelompok lain yang menjawab soal dengan benar; (11) guru dan siswa menghitung poin yang diperoleh tiap kelompok. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa permainan ular tangga dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar materi peraturan perundang-undangan pada siswa kelas V SDN Karangbesuki 2 Malang. Pada siklus I skor rata-rata aktivitas siswa sebesar 81,51%, sedangkan pada siklus II menjadi 87,40%. Dengan demikian, terjadi peningkatan aktivitas belajar sebesar 5,89%. Selanjutnya, pada siklus I subjek penelitian yang mendapat nilai sesuai KKM mencapai 76,19%, sedangkan pada siklus II menjadi 95,23%. Dengan demikian, terjadi peningkatan prestasi belajar sebesar 19,04%. Adapun saran yang disampaikan adalah sebagai berikut. (1) Untuk menentukan urutan bermain sebaiknya menggunakan hompimpa; (2) kelompok yang menang sebaiknya diberi hadiah; (3) pada setiap putaran yang bertugas sebagai bidak bergantian agar semua anggota kelompok terlibat dalam permainan.


Ketersediaan
2116058/SB/2014372 Wah pPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 WAH p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2013
Deskripsi Fisik
xvi, 167hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Permainan Ular Tangga
Aktivitas Belajar
Skripsi
peraturan perundang-undangan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik