Electronic Resource
Penerapan Model Pembelejaran Sains Teknologi Masyarakat dan Lingkungan (STML) Untuk Meningkatkan Prestastasi Belajara dan Aktivitas Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Pakuniran ( Satu Atap ) Probolinggo
SMP Negeri 4 Pakuniran Satu Atap Probolinggo terletak di daerah pegunungan dengan ketinggian kira-kira 1.750 Dpl, Potensi alamnya di daerah ini sangat bagus. Mata pencaharian masyarakat sekitar pada umumnya adalah bertani. Kebanyakan dari para siswa yang bersekolah di SMP Negeri 4 Pakuniran Satu Atap Probolinggo ini kesehariannya hampir keseluruhan membantu orang tua mereka beraktifitas di ladang. rasa capek, malas pasti menyelimuti diri mereka. Namun patut diacungkan jempol, para siswa masih mempunyai minat untuk datang ke sekolah walaupun sepulang sekolah mereka harus membantu orang tua mereka kembali. Dengan adanya semangat siswa-siswa ini, maka para guru khususnya guru fisika berusaha mencari berbagai cara pembelajaran agar bisa mencetak siswa yang tidak hanya mengaplikasikan penemuan orang lain tetapi juga bisa menciptakan penemuan-penemuan baru.
Dalam hal ini banyak metode pembelajaran yang dipakai untuk menarik minat siswa agar tidak bosan dan tertarik dalam mempelajari pelajaran fisika Salah satu metode pembelajaran yang dipakai adalah model pembelajaran Sains Tekhnologi Masyarakat dan Lingkungan (STML). Model pembelajaran ini adalah model pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran teoritis dan praktek, yang mana pelajaran yang telah dijelaskan di dalam kelas akan langsung dipraktekkan di alam nyata khususnya di sekitar lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar dan aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dan Lingkungan (STML) dengan teknik pengambilan data menggunakan metode observasi dan test.
Setelah melakukan penelitian melalui dua siklus dapat disimpulkan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa termasuk dalam kategori baik. Akhirnya peneliti menyimpulkan dan mengakhiri penelitian ini, karena peneliti sudah merasa cukup mendapatkan prestasi yang memuaskan . Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dan Lingkungan (STML) sesuai bila diterapkan dalam mata pelajaran Fisika.
2116054/SB/2014 | KKI 530 NIN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain