Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Hubungan Antara Cara Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar PPKn Siswa SDN 01 Selobanteng Kelurahan Banyuglugur Kabupaten Situbondo

Electronic Resource

Hubungan Antara Cara Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar PPKn Siswa SDN 01 Selobanteng Kelurahan Banyuglugur Kabupaten Situbondo

VIVI JULAIKAH - Nama Orang; Drs. Pieter Sahertian., M. Si - Nama Orang; Dra. Hj. Suciati., SH. M. Hum - Nama Orang;

Pendidikan merupakan upaya yang mempunyai sasaran manusia, yang keberhasilannya dipengaruhi oleh banyak hal, dan menjadi tanggung jawab sekolah, keluarga dan masyarakat. Tujuan pendidikan pada intinya mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Dalam rangka membina mental dan moral tersebut, maka ditetapkan mata pelajaran PPKn disekolah mulai dari sampai Perguruan Tinggi.
Banyak siswa telah belajar dengan keras tetapi tidak memperoleh prestasi yang diharapkan, karena belum mengetahui cara belajar yang efektif dan efisien. Di negara-negara yang sedang berkembang seperti Indonesia. pendidikan sudah mulai diperbatikan. Ini terbukti dengan adanya opini-opini di masyarakat tentang kemerosotan basil pendidikan dewasa ini, terutama pendidikan moral.
Sebenarnya masalah moral bukan hanya tanggung jawab guru di sekolah, tetapi banyak faktor yang menentukan antara lain, keluarga dan lingkungan. Sehingga dari beberapa opini ada yang menginginkan pendidikan budi pekerti dimasukkan lagi dalam kurikulum persekolahan.
Bidang studi PPKn sudah diajarkan mulai dari TK sampai pada perguruan tinggi dengan materi yang semakin meluas dengan tujuan membina moral dan perilaku yang didasarkan pada nilai-nilai Pancasila baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota masyarakat.
Belajar merupakan kegiatan fisik serta psikis yang secara sadar dilakukan oleh individu dalam rangka menambah pengalaman baru , dan sejumlah bentuk kecakapan, serta membina mental dan daya pikir agar dapat berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dari belum tahu menjadi tabu, dari belum bisa menjadi bisa. Belajar merupakan hal yang biasa dilakukan oleh siswa yang menempuh pendidikan di sekolah. Tetapi sebenarnya belajar tidak hanya dilakukan di sekolah, namun bisa dimana saja dan berlangsung seumur hidup. Bagi siswa yang menempuh pendidikan di sekolah belajar harus diatur dengan sebaik mungkin, baik waktu belajar, tempat belajar maupun situasi belajar. Siswa harus betul-betul mencurahkan perhatian dan keuletan serta kedisiplinan demi keberhasilan cita-citanya.
Dalam pembahasan ini akan dikaji hubungan antara cara belajar siswa dengan belajar mata pelajaran PPKn di SDN 1 Selobanteng Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo, dengan tujuan : (1) Untuk mengetahui cara belajar siswa, (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi cara belajar siswa, (3) Untuk mengetahui prestasi mata pelajaran PPKn, (4) Untuk mengetahui hubungan antara cara belajar siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran PPKn di SDN 1 Selobanteng Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo.
Untuk mencapai tujuan diatas digunakan metode penelitian antara lain dengan cara (1) Wawancara ( interview ), (2) Dokumentasi, (3) Angket, (4) Kepustakaan. Sehingga diperoleh data yang dibutuhkan. Sedang dan pedoman umum belajar yang terdiri dari : Keteraturan belajar, Kedisiplinan belajar, Konsentrasi, Buku penunjang dan Situasi belajar yang baik.
Dari basil penilaian diperoleh cara belajar siswa dari dokurnentasi diperoleh nilai PPKn, kemudian dikorelasi menggunakan product moment. Setelah dianalisis dengan taraf signifikan 5 % dengan n = 50 diperoleh r, sebesar = 0,328 dan Jika dibandingkan dengan harga kritik product moment n 50 sebesar 0,279 berarti ada hubungan antara cara belajar siswa dengan prestasi belajar PPKn di SDN 1 Selobanteng Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo pada semester II tahun ajaran 2007/2008


Ketersediaan
2116018/SB/2014371,114 JUL hPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 371,114 JUL h/s
Penerbit
Malang : PPKn - Unikama., 2010
Deskripsi Fisik
x, 59 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.114
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Riset Skripsi
PPKn
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik